Ratusan Calon Panwascam Polman, Ikuti Tes Tertulis

Calon Pancam Polman ikuti ujian (foto: Asrianto)
Polewali, fokusmetrosulbar.com - - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menggelar ujian tertulis kepada calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Polman, Rabu (11/10).

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMAN 2 Polewali ini diikuti 217 orang peserta dari 16 kecamatan. Panitia mengonfirmasi terdapat beberapa peserta yang tidak hadir tanpa alasan yang jelas.

Ketua Panwaslih Polman Suaib mengatakan, soal ujian berisi 50 pertanyaan dengan sistem pilihan ganda. Waktu yang diberikan panitia dalam menyelesaikan soal jawaban selama 120 menit (2 jam). Materi soal tentang kepemiluan merujuk Undang-Undang nomor 7 tahun 2017.

Lanjut Suaib, tes tertulis ini serentak digelar pada enam kabupaten di Sulbar. Tes tersebut terbagi dalam tiga tahapan, yakni seleksi berkas, tes tertulis dan tes wawancara.

"Jumlah pendaftar sebanyak 261 orang, namun yang lulus berkas setelah verifikasi faktual tersisa 244 orang,"
ujar Suaib.

Seleksi tahun ini pihak Panwaslih mencoba membuka secara terbuka, termasuk penitipan berkas soal di Polres, kemudian setelah ujian tertulis Panwas akan memeriksa secara marathon.

Peserta yang telah mengikuti ujian tertulis dan dinyatakan lulus, akan dipilih enam orang dari masing-masing kecamatan. Peserta yang lulus kemudian kembali akan dites pada tahap selanjutnya. Jika peserta lulus dalam ujian tersebut, Jumat (13/10) akan dilakukan tes narkoba, dan Senin pekan depan tes wawancara.

"Dalam tahap akhir yakni tes wawancara, akan menyeleksi tiga orang sebagai panwas terpilih," Jelas Suaib.
(ant/tfk)

Related

POLMAN 5915855850059588512

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini