Bupati Mamuju: Saya Dapat Dua Kabar Gembira


Mamuju, FMS - Dalam acara workshop Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pencanangan Program Kerja Terpadu Instansi Vertikal untuk kemajuan Sulawesi Barat berlangsung di kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulbar Rabu, (05/12/2018).

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid mengaku mendapatkan dua kabar gembira.
Yang pertama, katanya.

dipilihnya Pulau Karampuang sebagai lokus terbentuknya forum kerja terpadu instansi vertikal dengan pendekatan program yang masing - masing telah ada pada instansi vertikal.

"Sudah lama memang saya
pikirkan, baiknya Karampuang itu 'dikeroyok' sehingga akan lebih mudah membangunnya," ucap Habsi.

Selanjutnya, kata Habsi, masuknya Mamuju sebagai salah satu daerah di Sulbar dengan penilaian atas keberhasilan mencapai maturitas SPIP level 3 tahun 2018 dari BPKP.

"Ini menunjukkan keseriusan kita menata aset. Yang sulit adalah melakukan penataan aset karena dominan kita selama ini hanya hobby melakukan pengadaan tapi minim dalam menginventarisir aset hasil pengadaan itu. Memang sedikit sulit.  Namun dengan berbagai langkah kita lakukan, salah satunya dengan sensus aset daerah yang melibatkan tim lebih dari 100 orang dan alhamdulillah tidak ada lagi aset kita yang tidak tercatat," tutur Habsi.

Sementara itu, Kepala BPKP Sulbar Arif Ardiyanto mengatakan, penghargaan itu diberikan atas capaian maturitas SPIP level 3 seputar penyelenggaran Pemerintahan yang mempunyai kebijakan pengendalian semua pihak. Agar pimpinan instansi paham bagaimana mencegah korupsi agar pembangunan berlangsung efektif, sehingga kedepannya harus di tumbuhkan budaya pengendalian SPIP agar semua mengerti bahwa itu kebutuhan jadi, tidak menunggu masalah terjadi sehingga dapat langsung diperbaiki.

"Itulah capaian maturitas level berikutnya dan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju sendiri sudah mengarah kesana," terang Arif.

Selain Kabupaten Mamuju, Kabupaten Majene, Polman dan Pasangkayu juga mencapai maturitas SPIP level 3 setelah melalui proses quality assurance oleh BPKP Pusat.

Sementara yang masih dalam proses quality assurance adalah capaian maturitas SPIP level 3 adalah Pemprov Sulbar dan Kabupaten Mamasa.

(toni)

Related

MAMUJU 8986217684199026018

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini