Wagub Sebut Transmigrasi Berkontribusi dalam Pertumbuhan Ekonomi


Mamuju, FMS - Penyelenggaraan program transmigrasi mewarnai kehidupan bangsa Indonesia. Ada suka duka, ada sukses dan ada pula kelemahan, namun terlepas dari semua itu transmigrasi telah berhasil membangun 3.608 satuan permukiman yang berada di 619 kawasan transmigrasi.

Diantaranya, telah berkembang menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru berupa 1.182 desa definitive, 385 eks satuan permukiman transmigrasi berkembang menjadi ibukota kecamatan,

104 eks satuan permukiman transmigrasi mendukung ibukota kabupaten, serta dua ibukota provinsi.

Hal tersebut disampaikan Wagub Sulbar, Enny Anggraeni Anwar pada upacara peringatan Hari Bhakti Transmigrasi ke-68 tingkat Provinsi Sulbar yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulbar, Rabu, (12/12/2018).

"Kontribusi transmigrasi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia yaitu dengan mewujudkan kawasan transmigrasi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Perkembangan ini sangat membanggakan kita semua.  Untuk itu, saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak atas dukungan dari pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi serta masyarakat dan dunia usaha yang telah berkontribusi dan berkolaborasi melalui pergerakan berbagai sumberdaya dalam memajukan kawasan transmigrasi sehingga mampu berkembang menjadi pusat pengembangan komoditas pangan dan sekaligus sebagai embrio pusat pertumbuhan baru," kata Enny.

Enny mengatakan, tercatat pada tahun 2018, total investasi melalui pola kemitraan dengan pengembangan prukades di kawasan transmigrasi mencapai Rp 15,97 triliun.

Memurutnya, selain dengan pihak swasta kolaborasi pun dilakukan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

"Salah satunya dengan adanya sharing APBD dari daerah asal provinsi DIY dan Jawa Tengah kepada daerah tujuan di Kalteng, Kaltara dan Sulbar," kata Enny.

Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan Hari Nusantara, sekaligus pemberian penghargaan kepada salah seorang transmigran terbaik perwakilan dari warga Sinyonyoi.

(desi)

Related

MAMUJU 3626974142064801829

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini