1.556 CPNS Sulbar Akan Ikuti Pelatihan Dasar


Mamuju, FMS - 1.566 CPNS se-Sulbar yang lulus seleksi pada 2018 lalu, rencananya akan mengikuti pelaksanan Pelatihan Dasar atau Prajabatan dengan kurikulum baru di Sulbar.

Hal tersebut diungkapkan Sekprov Sulbar Muhammad Idris, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS dan Pengembangan Kompetensi  ASN Tingkat Sulbar, yang berlangsung di ruang rapat lantai 2 Kantor Gubernur Sulbar, Selasa (15/1/2019).

"Saat saya konsultasi dengan otoritas terkait. Saya menyarankan agar Sulbar dapat secara mandiri melakanakan pelatihan dasar/prajabatan CPNS tahun ini, maka Kepala LAN yang baru mengeluarkan aturan bahwa Lembaga Diklat pada pemerintahan yang sudah terbentuk, bisa melaksanakan pelatihan dasar CPNS walupun tidak terakreditasi," terang Idris.

Walapun demikian, lanjut Idris, berdasarkan aturan itu, maka pelaksanaan pelatihan dasar CPNS di Lembaga Diklat yang belum terakreditasi seperti di Sulbar, tatap dijamin Lembaga Diklat terakreditasi yang terdekat.

"Kita tahu Lembaga Diklat disini tidak kuat karena belum terakreditasi, tapi saya jamin pelatihan dasar CPNS tahun ini kita bisa diselenggarakan di Sulbar dan semoga dapat terlaksana pada bulan Februari mendatang," kata  Idris

Untuk tempat pelaksanaan, Idris menyatakan masih akan mencari tempat yang dianggap representative dan mudah dikontrol dari aspek kualitas setelah dikakukan indentifikasi.
Untuk itu, mantan Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN RI ini, menghimbau pemda se-Sulbar untuk berkomitmen bersama melaksanakan Latsar CPNS 2019 tersebut.

Pada kesempatan itu, Sekprov juga menyampaikan beberapa hal, yakni tentang gambaran pelaksanaan pelatihan dasar CPNS, dimana tahun ini akan dilaksanakan selama 51 hari, dengan rincian 18 hari di tempat diklat, 30 hari di tempat kerja dan tiga hari ditempat Plt/TK. Sedangkan untuk masa percobaan ASN selama satu tahun.

Asisten Bidang Administrasi Umum Djamila mengatakan, rakor bertujuan untuk membicarakan persiapan pelaksanaan pelatihan dasar 2019 secara mandiri di Sulbar.

"Sudah sepatutnya pelatihan dasar ini kita laksanakan di Sulbar, mengingat daerah ini sudah memiliki BPSDM dan Balai Diklat yang terletak di Kecamatan Kalukku," tutur Djamila. (Advetorial)

(Wati)

Related

MAMUJU 8525238691625706739

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini