Jelang Pemilu 2019, Dit Binmas Gelar Pembinaan Teknis FKPM


Mamuju, FMS - Guna mewujudkan kondutifitas kamtibmas dari desa serta mendukung pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019 yang aman, damai dan sejuk, Direktorat Binmas Polda Sulbar menggelar Pembinaan teknis Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Se-Sulbar.

Pembinaan teknis FKPM ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Wakapolda Sulbar Kombes Pol DR. Endi Sutendi, SIK, SH, MH didampingi Dir Binmas Kombes Pol Dra. Yoyo Indayah dan Kasubdit Bin Polmas serta dihadiri oleh para Pejabat Utama, para Kasat Binmas Polres Jajaran, para Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Kepala Desa dan seluruh tamu undangan lainnya, Kamis (31/1/2019).

Kegiatan yang di selenggarakan di Aula Arya Guna ini mengangkat tema "Menciptakan Situasi Kondusif dari Desa, Guna Mendukung Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk"

Dalam kegiatan tersebut digelar guna menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

Wakapolda Sulbar, Kombes Pol DR. Endi Sutendi, apresiasi dari seluruh pihak atas kesediannya menghadiri kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah untuk menciptakan situasi yang kondusif, khususnya dalam menyambut pelaksanaan pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019 dengan harapan pemilu dapat terlaksana dengan aman, damai dan sejuk.

Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) ini merupakan elemen terdepan yang berkedudukan di desa/kelurahan yang dapat memberikan dukungan dalam menjaga dan memelihara kamtibmas.

"Untuk itu, kami mengajak seluruh elemen dan FKPM untuk bersinergi, saling memberikan dukungan dalam menghadapi permasalahan yang ada, khususnya masalah yang dapat menimbulkan gangguang kamtibmas," imbuhnya.

"Sekecil apapun permasalahan yang ada diharapkan dapat di
selesaikan dengan solusi yang bijak, begitu juga apabilah ada permasalahan yang bertentangan dengan hukum positif agar dikoordinasikan untuk penanganannya sehingga lingkungan kita tetap terjaga dan terpeliahara," sambung Endi.

Selain itu, para Kasat Binmas dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa, diminta untuk terus memberikan pembinaan secara teknis dengan mempedomani Perkap nomor 3 tahun 2015 tentang pemolisian masyarakat kepada seluruh elemen anggota FKPM di wilayah masing-masing.

"Olehnya, mari kita terus berasama-sama mengantisipasi setiap permasalahan yang ada dengan menangani embrio-embrio permasalahan," tutur Endi.

Disamping itu, Wakapolda juga menekankan 5 hal,

1. Jaga dan pelihara terus keamanan di lingkungan masing-masing karena keamanan merupakan kebutuhan dasar bagi tiap individu.

2. Harus ada kebersamaan/sinergitas dan keterbukaan dalam mengelola keamanan lingkungan.

3. Waspadai perkembangan situasi yang dapat merugikan masyarakat seiring perkembangan tekhnologi. Sehingga harus disikapi dengan cerdas.

4. Kegiatan ini agar juga disosialisasikan kepada masyarakat agar terhindar dari segala kejahatan yang dapat mengancam.

5. Bagi para Kasat Binmas agar melaksanakan kegiatan yanh serupa di wilayahnya masing-masing sebagai acuan  dalam menjaga kondutifitas kamtibmas.

Kasubdit Bin Polmas dalam pengarahannya menjelaskan, permasalahan konflik memang harus di sikapi secara serius agar tidak berkembang, salah satunya permasalahan tanah atau kelompok.

"Untuk itu, yang menjadi inti dari hal tersebut adalah sinergitas seluruh pihak demi kondutifitas kamtibmas," terangnya.

(wati)

Related

MAMUJU 8562348781332147716

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini