Mamuju Diguncang Gempa 4,9 M, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami



Mamuju, FMS - Rabu, 06 Februari 2019, pukul 12:23:40 WITA, wilayah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=4.9.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.96 LS dan 118.52 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36 Km Barat Daya Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat pada kedalaman 8 km.

Dari keterangan Plt. Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, SH, MM, menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas patahan naik Selat Makassar yang berdekatan dengan pusat epicenter.

Menurutnya, berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan Dirasakan di Mamuju IV MMI, Majene, Wonomulyo, Polewali, Kalukku dan Campalagian III MMI. 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuhnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).

Joharman mengimbau, agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG.

Related

MAMUJU 5386496589761753621

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini