Sat Narkoba Dampingi Dinkes Majene Awasi Peredaran Obat dan Makanan

Satuan Narkoba Polres Majene dampingi Dinas Kesehatan melakukan pengawasan obat dan makanan di Pamboang  foto : ist

Majene, FMS - Guna menjamin peredaran obat dan makanan agar tetap berkualitas serta layak konsumsi Satuan Narkoba Polres Majene mendampingi Dinas Kesehatan setempat melakukan pengawasan ke toko dan pedagang.


Menurut Kasat Narkoba Polres Majene, AKP Muh Ikhsan, Sabtu (27/4/2019), pagi tadi pihaknya mendampingi Dinas Kesehatan Kabupaten Majene dalam melakukan Pengasawan Obat dan Makanan Lintas Sektor Tingkat Kabupaten Majene Tahun 2019.

"Kali ini yang di sasar adalah toko dan pedagang di Pasar Pamboang, Indomaret Pamboang, dan jajanan anak sekolahan di Kecamatan Pamboang," sebut Ikhsan.

Maksud dan tujuan kegiatan katanya, yaitu untuk melakukan pengawasan terhadap obat dan makanan yang dijual di Kecamatan Pamboang agar obat dan makanan yang di konsumsi oleh konsumen adalah obat dan makanan yang berkualitas dan terjamin keamanannya.

Ia memaparkan, sasaran pada kegiatan ini berupa, obat dan makanan yang tidak memiliki izin edar dan BPOM, obat dan makanan yang sudah kadaluarsa, kemasan obat dan makanan yang sudah tidak layak pakai, dan makanan yang mengandung formalin dan zat pewarna makanan.

Hasil temuan temuan dan tindak lanjut pada kegiatan dimaksud, lanjut Ikhsan yaitu ditemukan beberapa toko yang menjual obat obatan tanpa izin.

"Pemilik toko kita perintahkan untuk berhenti memajang dan menjual obat obatan tersebut," tegas Ikhsan.

Selain obat-obatan, juga ditemukan alat kosmetik yang tidak memiliki izin edar dari BPOM dan makanan yang sudah kadaluarsa, sehingga para pemilik toko di perintahkan untuk tidak lagi memajang makanan tersebut dan atau segera di kembalikan ke tempat atau toko yang di tempati membeli untuk ditukar dengan yang baru.

"Ada juga beberapa sample makanan yang kita ambil untuk dilakukan pemeriksaan apakah layak konsumsi atau tidak," ungkap Ikhsan.

Ia berharap, masyarakat jeli mengonsumsi obat dan makanan terutama makanan atau minuman kemasan.

"Perhatikan tanggal kadaluarsanya, sebab selain tidak sehat juga dapat berbahaya bagi kesehatan," pungkas Ikhsan.

(Akbar)

Related

MAJENE 5188014443610161025

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini