Event Sandeq Race 2019 Tanggal 7-16 Agustus


Perahu Sandeq

Mamuju, FMS - Dalam rangka menyambut pelaksanaan Event Sandeq Race 2019, yang akan diselenggarakan pada 7-16 Agustus mendatang. Pemprov Sulbar menggelar rapat persiapan, di ruang pertemuan lantai II Kantor Gubernur Sulbar, Jumat 19 Juli 2019.

Rapat tersebut, dipimpin Sekprov Sulbar Muhammad Idris, yang dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan Setda Pemprov Sulbar M. Natsir, anggota DPRD Sulbar Sukardi M. Nour, sejumlah pimpinan OPD, Kepolisian, TNI, serta pihak terkait lainnya.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengemukakan, pelaksanaan event sandeq race 2019 membutuhkan inovasi, agar pelaksanaannya memiliki daya tarik lebih dibanding tahun-tahun sebelumnya.  

"Kita ingin pelaksanaan event sandeq race tahun ini, mendapat kemajuan  dibanding dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga menarik dan memiliki nilai tambah baru," ucap Idris.

Untuk mewujudkan hal itu, kata Idris, perlu dilakukan evaluasi terhadap event sandeq race yang telah dilaksanakan sebelumnya, sehingga dapat diketahui sejauh mana perubahan-perubahan yang ada.

"Usianya sudah lama, yakni 21 tahun sejak dilaksanakan pada 1995. Seharusnya dari awal pelaksanaannya sampai 2018 dilakukan evaluasi di setiap tahunnya," tandas Idris.

Terkait prosesi penyambutan bagi para juara sandeq, Idris menginginkan, agar  hal tersebut, dapat diberikan apresiasi dengan model layaknya seorang champion berupa selebrasi, sehingga menjadi motivasi dan berkesan bagi mereka.

"Terus terang waktu di Makassar, saya beberapa kali menghadiri penerimaan akhir atau finish, memang dulu itu tidak ada apresiasi model penerimaan seperti seorang champions, coba bayangkan mereka start dari Mamuju ke Makassar, puluhan hari mereka lalui sehingga tangan para peserta itu bengkak-bengkak. Saya ingin tahun ini ada apresiaisi bagi para champion ketika finish di Mamuju," kata Idris.

Senada dengan Sekprov, Anggota DPRD Sulbar Sukardi M. Noer juga mengatakan, setiap tahun sejak di mulainya event itu, hasilnya perlu dievaluasi untuk melihat kekurangan dan kelebihannya atau peningkatannya.

"Hasilnya perlu dievaluasi supaya kita tahu dimana kekurangan  dan kelebihannya. Kekurangannya itu perlu kita sempurnakan, sedangkan kelebihannya inilah kita lanjutkan," tutur Sukardi.

Selain itu, Sukardi menekankan, perlu membangun komunakasi secara intensif antara semua pihak, khususnya Pemkab, masyarakat dan pengusaha, sehingga pelaksanaan event tersebut dapat berjalan sukses.

"Perlu ada komunikasi dengan semua pihak tanpa kecuali, sebab jika semuanya dibebankan kepada Pemda, saya kira kegiatan ini tidak akan berhasil seperti yang kita inginkan," tandas Sukardi.

Mengenai penganggaran, Sukardi menyatakan, DPRD Sulbar siap mendukung event tersebut dari segi penganggaran.

Untuk hadiah bagi para juara, melalui kesempatan itu, Sukardi menekankan, hal tersebut perlu dipertimbangkan, sebab jangan sampai tidak seimbang dengan tenaga yang mereka keluarkan. 

"Hadiah Ini hal penting yang harus menjadi perhatian. Jika mereka puas dengan itu, maka setiap pelaksanaan event dapat menambah animo masyarakat untuk ikut berpartisipasi," 
katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sulbar, Farid Wadji menyampaikan, waktu pelaksanaan event sandeq race mengacu pada 100 kalender top event  nasional, yang telah menetapkan sandeq race Sulbar diselenggarakan pada 7-16 Agustus 2019.

"Kegiatan ini sebenarnya kita kasih kawin dengan pelaksanaan Pifaf di Polewali Mandar, dengan maksud ketika Pifaf penutupan, kita harapkan tamu-tamu dari mancanegara itu bisa juga hadir pada pembukaan event sandeq race, sebelum mereka kembali ke negaranya," ungkap Farid.

Untuk peserta event, Farid mengungkapkan, pesertanya sebanyak 23 perahu sandeq, dimana setiap sandeq berjumlah 13 orang awak. Sedangkan untuk etape sandeq race, dia menjelaskan, terdapat empat etape dalam event tersebut, yakni etape I Polewali Mandar-Majene, etape II Majene-Sendana, etape III Sendana-Deking dan etape IV Deking-Mamuju.

(Wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 3261847308357078777

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item