Polisi di Mamasa Sulap Motor Dinas Jadi Perpustakaan Keliling


SANG pejuang gerakan membaca, mungkin inilah sebutan yang pantas disematkan kepada Bripka Yusran. Setiap pagi, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tabulahan Polres Mamasa ini berkeliling keluar masuk gang dan kampung dengan motor dinas yang sudah dimodifikasi menjadi perpustakaan.

Bripka Yusran memang hobi membaca, tak ada sumber bahan bacaan ditempatnya bertugas yakni di Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa. Yang lebih miris, banyak anak-anak hingga remaja cenderung melewati harinya dengan gadget atau handphone.

Melihat kenyataan itu, hatinya tergerak menciptakan motor pustaka. Gayung bersambut, niat mulia itu didukung AKBP Arianto selaku Kapolres Mamasa. Yusran pun akhirnya meliterisasi motor dinasnya menjadi perpustakaan.

"Idenya dari keprihatinan saya, ditambah keluhan sejumlah orangtua yang resah anak-anaknya lebih banyak main handphone ketimbang membaca buku," kata Yusran.

MOTOR DIMODIFIKASI

Hobi membaca ditularkan Yusran ke anak-anak di pelosok Desa Timoro dan Desa Gandang Dewata di Kelurahan Lakahang. Perjalanan demi mencerdaskan generasi penerus bangsa ditempuh Yusran menggunakan motor dinasnya yang telah disulap menjadi perpustakaan berjalan.

"Saya keliling ke desa-desa. Alhamdulillah, semua siswa SD dan para guru antusias. Bahkan tak jarang wali murid siswa ikut pula meminjam," ucapnya.

Sepeda motor Bripka Yusran langsung dikerumuni anak-anak. Begitu motor di parkirkan di halaman, para anak-anak menyerbu buku-buku bacaan. Mereka berebut meminjamnya untuk dibaca.

"Anak-anak harus menunggu giliran untuk membaca sampai temannya selesai membaca. Jika ada yang meminjam buku, saya catat," ungkapnya.

Yusran menjelaskan, buku pustaka yang ia bawa berjumlah 30. Kebanyakan tentang cerita anak-anak sebagian lagi tentang ilmu pengetahuan.

"Alhamdulillah ini semua minat baca anak-anak dapat makin bertumbuh," ungkapnya.

ACUNGAN JEMPOL

Aksi inspiratifnya itu mendapat acungan dua jempol pimpinan Bripka Yusran yakni Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar.

"Kami salut dan bangga atas inovasi Bripka Yusran yang mencerdaskan kehidupan dan berbangsa," ucap Kapolda melalui Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj. Mashura.

Lanjut Kabid Humas, ide dan gagasan Bripka Yusran harus diteruskan kepada anggota kepolisian yang lain.

"Ini perbuatan baik dan contoh bagi lingkungan Polres Mamasa sebagai pengayom memberikan manfaat yang dirasakan masyarakat," imbuhnya.

Sementara aksi yang dilakukan Bripka Yusran mendapat apreasiasi dari warga setempat karena dinilai sebagai hal yang sangat luar biasa dan inspiratif.

Salah satu guru di wilayah tersebut pun memuji usaha Yusran.

"Usaha yang dilakukan Bripka Yusran sangat luar biasa dan sangat saya apresiasi, saya berterima kasih atas usahanya memajukan dunia pendidikan," ujar salah seorang guru SDN 015 Bakeng, Julita.

(Wati)

BERITA LAINNYA

MAMASA 81880178071374516

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item