Misi Kemanusiaan Kapolda Sulbar di RS Bhayangkara



Mamuju, FMS - Mengunjungi dan menjenguk orang sakit merupakan kewajiban setiap muslim, terutama orang yang memiliki hubungan dengan dirinya, seperti kerabat dekat, tetangga, saudara yang senasab, sahabat dan lain sebagainya. Menjenguk orang sakit termasuk amal shalih yang paling utama yang dapat mendekatkan kita kepada Allah Ta’ala, kepada ampunan, rahmat dan Surga-Nya.

⁠Mengunjungi orang sakit merupakan perbuatan mulia, dan terdapat keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar, dan merupakan salah satu hak setiap muslim terhadap muslim lainnya.

"Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba." (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

"Siapa saja yang menjenguk orang sakit akan senantiasa berada di kebun surga sampai ia kembali" (HR. Muslim).

Hal tersebut yang kemudian digencarkan oleh orang nomor satu di Polda Sulbar ini. Betapa tidak, Kapolda yang satu ini memang sangat peduli terhadap sesama mahluk ciptaan Tuhan.

Ia tak memasang ego, misi kemanusiaan itu terus dilakoninya dengan harapan Allah Ta'ala memberikan rahmat kepada penduduk bumi di Sulawesi Barat.

Dengan berpakaian dinasnya, Kapolda Brigjen Pol Baharuddin Djafar menuju ke RS Bhayangkara. Hatinya tergerak untuk terus memberikan yang terbaik bagi sesamanya, panggilan dari hati nuraninya terus berkecamuk seakan menyiratkan bahwa aku adalah kamu dan kamu adalah aku. Kita bersaudara.

Senyum itu terpancar tatkala orang satu di Polda Sulbar itu menjenguk pasien yang terbaring lemas. Dari tatapan mata ke pasien yang dijenguknya tersirat doa kesembuhan.

"Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu."

Dia berkata, orang sakit itu butuh motivasi dari saudaranya yang ada di sekitarnya agar penyakit yang di deritanya tidak menjadi beban, sehingga para pasien yang kita kunjungi bisa lekas sembuh dengan izin Allah Azza Wajallah.

Sambil berdialog dengan pasien, Baharuddin pun menghibur pasien dengan senda guraunya. Hal itu yang dilakukan Bahariddin setiap menjenguk orang yang sakit.

"Inshaa Allah tidak apa-apa, semoga lekas sembuh, intinya tatap sabar dan banyak istighfar. Karena ketika orang sakit Allah akan menghapus sebagian besar dari Dosa kita," ucap Baja sapaan akrab orang nomor satu di Polda Sulbar ini.

Selain itu, Baja juga mengunjungi istri Amiruddin yang biasa disapa Sompa. Istri Sompa ini tengah dalam perawatan   menunggu proses kelahiran.

Sementara itu, dari keterangan Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj. Mashura, menjelaskan, kunjungan Kapolda ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulbar, merupakan kunjungan kemanusiaan.

Selain menjenguk istri dari Saudara Amiruddin yang ingin melahirkan, dalam kesempatannya itu juga Kapolda memanfaatkan waktunya untuk bersilaturahim dengan pasien lainnya.

(*)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 480171091382536025

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item