Polda Sulbar Gelar Apel Satgas Penanganan Karhutla



Mamuju, FMS - Meningkatnya peristiwa kebakaran hutan maupun lahan di beberapa wilayah tentu menjadi perhatian Kepolisian Republik Indonesia diseluruh jajaran Nusantara. Terkait hal tersebut Kapolri juga telah memerintahkan seluruh personilnya agar mencari solusi dalam menangani permasalahan Karhutlah di wilayah masing-masing.

Polda Sulbar sendiri sebagai bentuk keseriusannya untuk menangani hal yang dimaksud telah mejalin kerjasama kepada seluruh pihak khususnya TNI dan Pemerintah Kabupaten.

Upaya siaga penanganan kebakaran hutan dan lahan tersebut ditandai dengan apel bersama Satgas Penanganan Karhutla Kabupaten Mamuju.

Apel Satgas Penanganan Karhutla yang berlangsung di Polres Mamuju ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si dan dihadiri oleh Kapolres Mamuju, Dandim 1418 Mamuju, Dinas Kehutanan, Damkar, BPD dan tamu undangan lainnya, Selasa (17/9/2019).

Disampaikan Kabid Humas AKBP. Hj. Mashura bahwa
Kapolda Sulbar dalam sambutannya mengatakan menjaga stabilitas keamanan disulawesi sulbar harus menjadi antensi bersama termasuk ancaman dari maraknya peristiwa kebakaran hutan maupun lahan.
Untuk itu harus ada kerjasama yang baik dan berkesinambugan agar akar permasalahan yang akan dihadapi bersama ini bisa dituntaskan dengan baik.

"Kebakaran saat ini memang terkadang menjadi penomena yang tidak ada habisnya, namun yang harus disadari bahwa sesuatu tidak akan terbakar tanpa ada pemincu dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," tutur Kapolda.

Ditambah lagi suhu musin kemarau kali ini ini lebih panas dari kemarau sebelumnya berdasarkan prediksi dari BMKG dan memungkinkan kebakaran hutan dan lahan akan meningkat.

Olehnya itu, melalui pembentuk satgas karhutlah di Kabupaten Mamuju bisa meminimalisir ancaman yang ada. 

"Ini semua sebagai salah satu upaya untuk melakukan pencegahan, TNI dan POLRI beserta BPBD serta element masyarakat lainnya akan bersama-sama melakukan kesiapsiagaan untuk melakukan pencegahan Karhutla di wilayah Sulbar," tutur Kapolda.

Kata AKBP HJ. Mashura, Kapolda juga menyebutkan sebagai upaya nyata pencegahan karhutla pihaknya akan mengefektifkan Patroli, penyuluhan, sosialisasi ke masyarakat serta akan di pasang spanduk-spanduk himbauan agar pemahaman terhadap kebakaran maupun gangguan asap dapat dicegah sedini mungkin.

Kegiatan apel satgas penanganan karhutla juga ditandai dengan penyematan kepada masing-masing perwakilan sebagai wujud keseriusan menjaga stabilitas kamtibmas sulbar dari segala ancaman khususnya karhutlah.

(Wati)

Related

MAMUJU 6482681300186659311

Post a Comment

emo-but-icon

BERITA Populer Minggu Ini

item