Dorong Ekonomi Masyarakat, BUMDes Saluassing Kembangkan Potensi Sektor Pariwisata


Air Terjun Saluassing

Mamasa, FMS - Untuk mendorong pembangunan maksimal di desa, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran hingga miliaran rupiah. Dengan banyaknya anggaran tersebut, pemerintah pusat berharap agar kepala desa (Kades) dapat mengelola anggaran semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah satu upaya Kades untuk memajukan kesejahteraan masyarakat adalah dengan mengembangkan badan usaha milik desa (BUMDes).

Hal itu pula yang kini diupayakan oleh Kepala Desa Saluasaing, Kecamatan Bambang, Warman Wirawan. Untuk tahun ini, Ia berfokus pada pengembangan BUMDes di sektor pariwisata. 

"Kita berupaya mendorong objek wisata ini melalui BUMDes untuk mengembangkan perekonomian masyarakat," tutur Warman, Senin (21/10).

Salah satu objek wisata yang Ia coba kembangkan adalah Air Terjun Saluassing dengan ketinggian sekitar 30 meter dan berada tepat di pinggir jalan menuju desa. Warman menjelaskan pembangunan dan penataan fasilitas objek wisata tersebut tengah dibenahi, termasuk melukis pemandangan alam di batu yang berada disisi air terjun

"Untuk membenahi objek tersebut, oleh pemerintah desa mengalokasikan dana desa sebesar 140 juta rupiah," jelasnya.

Meski belum rampung, Ia lanjut menjelaskan sudah menyediakan fasilitas internet bagi pengunjung. "Ini fasilitas pendukung disediakan agar semakin menarik minat pengunjung," lanjutnya.

Ia menambahkan pengembangan objek wisata ditargetkan rampung tahun ini dan untuk tahun berikutnya akan dilakukan pembangunan secara bertahap seperti gazebo dan infrastruktur lainnya. 

"Tahun depan mudah-mudahan kita anggarkan lagi untuk lanjutan pembangunannya," tambahnya. (klp)

Related

MAMASA 1707702148166747915

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini