OPD Sepelekan Pelayanan Publik, Ada Apa???


Salah satu OPD Yang Nampak Kosong Di Hari Kerja


Mamasa, FMS - Keberadaan organisasi perangkat daerah (OPD) diharapkan tidak hanya membantu pemerintah mengimplementasikan program ke masyarakat tetapi memberi pelayanan publik serta informasi bagi masyarakat luas.

Namun apa jadinya jika disejumlah OPD Pemerintah Daerah (Pemda) Mamasa pelayanan bagi masyarakat terkesan disepelekan.

Seperti pantauan media di beberapa OPD, Jumat (25/10) nampak staf cuek dengan kehadiran masyarakat yang membutuhkan pelayanan, tak tahu keberadaan pimpinannya,  bahkan ada OPD yang hampir kosong meski jam istirahat belum waktunya.

Padahal, yang harus dilakukan para abdi negara tersebut adalah pro aktif menemui setiap tamu yang datang berkunjung, meskipun itu adalah masyarakat biasa.

Seperti yang disampaikan salah seorang masyarakat yang namanya enggan ditulis mengatakan kadang staf OPD acuh tak acuh jika ada masyarakat yang berkunjung, bahkan biasa pula ada OPD yang nampak kosong.

"Inikan belum jam istirahat, tapi liatmi tidak ada orang. Kadang juga kalau bukan kita keliling sendiri cari pejabat yang dituju tidak akan ketemu karena staf-staf tidak ada yang mengarahkan," katanya kecewa.

Ia lanjut menuturkan kalaupun jam istirahat, tentu harus ada orang atau staf yang tetap tinggal. "Masa' kantor dibiarkan kosong," tuturnya.

Benar saja, saat awak media mendatangi salah satu OPD yakni Badan Penelitian, Perencanaan dan Pembangunan (Bappelitbang), tak nampak satupun staf di bagian penerimaan tamu. Ketika awak media coba menelusuri ruang kantor, ada beberapa staf yang asik duduk santai namun tidak mempedulikan kehadiran orang.

Berbeda saat awak media mendatangi Kantor Inspektorat Mamasa, tak satupun staf yang tahu secara pasti keberadaan Kepala Inspekturnya. "Tidak tau kemana pak Inspektur," jawab salah seorang staf singkat dan berlalu.

Setelah dikonfirmasi via pesan singkat, Kepala Inspektorat Mamasa, Yohanis sedang berada di Kantor Bupati.

"Saya ada di ruang asisten," jawabnya.

Ironi memang, ketika Presiden menginstruksikan pelayanan publik ke masyarakat agar dilakukan setulus hati dan semaksimal mungkin, masih ada saja OPD dan staf di daerah yang menomor sekiankan pelayanan kepada masyarakat. (klp)

Related

MAMASA 1738387813742121133

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini