Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Dinas Pertanian Siapkan Empat Program Strategis

Mamasa, FMS - Dalam rangka pengembangan pertanian Kabupaten Mamasa tahun 2020, Dinas Pertanian Mamasa mengadakan kegiatan penyusunan program kerja penyuluhan pertanian.

Program yang disusun tersebut nantinya akan menjadi roadmap perencanan pengembangan pertanian satu tahun kedepan.

"Ini bertujuan untuk mendapatkan input dari semua stakeholder yang ada dilapangan, sehingga dapat disinkronkan dengan program pertanian mulai dari desa, kabupaten, hingga tingkat pusat," ucap Ir Mambu Kepala Dinas Pertanian Mamasa, Jumat (14/11). Ia


Dijelaskan empat pokok program strategis Dinas Pertanian Mamasa tahun 2020 yang akan dilaksanakan untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat.

"Yang pertama itu agar swasembada pangan terus terjaga terutama untuk komoditi beras dan jagung sehingga dapat mencukupi kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Keedua yang ingin dicapai kedepan yaitu mengembalikan Mamasa sebagai produsen kopi yang handal. "Kopi Mamasa ini sebenarnya sudah dikenal, sehingga mendukung itu kita berupaya wujudkan Mamasa sebagai kabupaten kopi," lanjutnya.

Hal berikut yang Ia sampaikan adalah mewujudkan Mamasa agar mandiri sayur.  Mamasa belum bisa menjual keluar, tapi paling tidak kita bisa penuhi kebutuhan dalam daerah dan masing-masing masyarakat.

Program strategis terakhir yang Ia sampaikan akan dilakukan kedepan yakni pengembangan peternakan potensial di Kabupaten Mamasa seperti kerbau, babi, sapi, dan ternak ayam petelur.

Mambu menambahkan program yang disusun tersebut merupakan keberlanjutan dari program nasional yang mengedepankan tiga hal pokok yaitu kedaulatan pangan, kemandirian sistem pertanian, dan peningkatan kesejahteraan petani. "Saya kira ini menjadi semangat kita untuk mengembangkan pertanian di Mamasa," tambahnya. (Kedi)

Related

MAMASA 9082331729922061380

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini