Putri Puang Balusu asal Toraja Ajak Warga Toraja di Mamuju Dukung Kerajaan Puang Balusu

Putri bungsu Puang Balusu, Ester Mangiri Matandung.



Mamuju, FMS - Putri bungsu Puang Balusu, Ester Mangiri Matandung  mengajak suku Toraja yang saat ini telah mendiami wilayah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar untuk mendukung kerajaan puang Balusu asal tanah Toraja, Sulawesi Selatan.

Hal tersebut dikatakan disela-sela usai
mengikuti rangkaian kegiatan Festival Maradika Mamuju 2019 di pulau Karampuang, Rabu (18/12).

Kirab budaya yang dilaksanakan Mamuju dengan menghadirkan 
93 kerajaan senusantara salah satunya dari kerajaan Tanah Toraja.

Dikatakan Ester bukan hanya kerajaan Puang Balusu yang yang dibawakan  dalam kirab budaya ini, namun juga atas nama wilayah Toraja.

"Berarti antara Toraja dan Mamuju sudah ada saling pengenalan dengan baik, saling tukar budaya dengan baik, artinya kita satu nusantara bisa mengenal budaya satu dengan yang lainnya," kata Ester.

Ia berharap dengan adanya forum silaturahmi kerajaan nusantara ( FSKN) untuk bisa menyatukan dan saling mengenal dengan raja-raja yang ada di nusantara. Sehingga para generesi muda lebih mengenal budaya yang saat ini mulai terkikis oleh kemajuan zaman.

Ester mengaku bahwa ia mewakili ayahandanya Puang Balusu karena saat ini sedang berada di Belanda.

Selain itu, pada acara kirab budaya kemarin, ia mengaku tak menampilkan peserta dari Toraja
karena kondisi  hujan. Padahal kata Ester jauh-jauh hari sudah dipersiapkan untuk tampil pada saat kirab budaya nanti di Mamuju.

"Jadi saya meminta kepada orang tua pemangku adat untuk tidak mengikuti kirab budaya karena kondisi hujan, padahal waktu kita mengikuti  kirab budaya di Bau-bau, Sulawesi Tenggara penampilan kita cukup memukau sampai wali kota Bau-bau mengakui luar biasa Toraja," terangnya.
(Awal).

Related

MAMUJU 560787920406397927

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini