Jelang Lebaran, Kemensos RI Kembali Salurkan Bantuan Lansia di Polman

POLMAN,FMS - Kementerian Sosial (Kemensos) RI kembali menyalurkan bantuan sosial kepada lanjut usia (lansia) di desa Mapilli Barat, Kamis (21/5/2020).

Penyaluran bansos ini melalui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Gau Mabaji, Gowa, Sulsel, yang menggandeng Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Yayasan Al-Jumrah, didampingi oleh Dinas Sosial Kabupaten dan Pemerintah Desa setempat.

Salah satu lansia penerima Yasin mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan ini ditengah wabah pandemi covid 19.
"Alhamdulillah, terimakasih Kemensos dan semua pihak yang terlibat dan telah membantu saya,"ucapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh lansia  Halija. Ia tidak menyangka akan mendapatkan bantuan sosial ini apalagi kebutuhan ekonomi meningkat selama Ramadhan dan menjelang lebaran.

"Terimakasih banyak bantuannya. Adami dipakai belanja lebaran," katanya senang.

Kepala Desa Mapilli Barat, Darwis mengatakan, selaku pemerintah desa sangat mengapresiasi atas adanya upaya dari yayasan Al-Jumrah yang mencoba untuk membantu masyarakatnya yang memang betul-betul membutuhkan bantuan.

"Memang warga kami ini Yasin kurang 10 tahun lebih tidak bisa berkerja hanya mengharapkan belas kasihan dari warga dan tetangga. Baik itu sembako maupun uang untuk melanjutkan kehidupannya. Ini memang sangat memperhatikan memang," tuturnya.

Menurut Darwis, kondisi kehidupan warganya ini tergolong warga kurang mampu. Kondisi rumahnya saja sudah tidak mampu diperbaiki karena termasuk keluarganya yang lain memang tergolong dari keluarga yang kurang mampu juga.
"Pak Yasin ini sudah tidak bisa kerja karena kena sakit stroke dan hanya mewakafkan dirinya untuk bekerja di dalam masjid membersihkan,"ujarnya.

Terkait bantuan sosial BLT desa, idris menjelaskan bahwa dalam musyawarah desa, nama Yaisn tetap menjadi prioritas, karena melihat kondisinya seperti itu. Cuma ini bantuan BLT desa ini  tidak bisa ganda. Yasin sudah tidak bisa mendapatkan bantuan BLT karena ia sudah mendapatkan bantuan sosial lanjut usia.

"Karena BLT desa itu terbatas, sesuai dengan kuota 30% dari Kemeterian Desa. Karena kalau sudah mendapatkan PKH atau bantuan sosial lainnya, otomatis dia sudah tidak bisa mendapatkan bantuan lansia dari Kemensos ini.

Ketua Yayasan Al-Jumrah Hardania mengatakan, bantuan ini merupakan bantuan Sosial dari Kemeterian Sosial melalui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Gau Mabaji, Gowa, Sulsel. Bantuan ini diprioritaskan kepada warga lanjut usia yang sama sekali tidak pernah mendapatkan bantuan sosial bauk itu berupa PKH, BNPT, BLT desa, maupun bantuan sosial lainnya.

Penyaluran ini diserahkan kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial yang sebelumnya telah melakukan verifikasi data ke lapangan.

"Kalau di Polman ada dua LKS yang dipercayakan ,yakni Yayasan Mandar Indonesia dan Yayasan saya (Al-Jumrah)," katanya.

Mardania mengungkapkan, khusus untuk kabupaten Polman sebanyak 250 orang lansia penerima. Setiap lansia akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp. 2.700.000. jumlah lansia di wilayah kerjanya sebanyak 150 orang dengan jumlah total Rp. 405.000.000. penerima lansia ini tersebar di beberapa kecamatan diantaranya Tinambung, Balanipa, Campalagian, Luyo, Mapilli, Bulo.
"Penyaluran bantuan lansia ini akan terus diberikan kepada penerimanya dan akan tuntas pada bulan ini," tuturnya.

Untuk menghindari kerumunan massa, pembagian bantuan ini dilakukan dengan mendatangi langsung rumah penerima secara door to door. Hal ini diterapkan untuk menerapkan psycal distancing sesuai protokol Kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Kepala Bidang Kesejahteraan Dinas Sosial Polman, Arfa Atjo mengatakan, bantuan ini sangat bermanfaat bagi semua lansia yang telah didata oleh LKS bekerja sama dengan Dinas Sosial setempat.

"Kami ini hanya bisa mendampingi LKS dalam mendampingi penyaluran nya sebagai hmbukti bahwa penyaluran tekah diberikan kepada penerima,"

Ia berharap, dengan adanya wabah Covid 19, ini sangat membantu masyarakat yang betul-betul tidak mampu dan membutuhkan karena bisa membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, pemberian bantuan sosial ini telah diberikan secara simbolis oleh Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Gau Mabaji Gowa kepada pemerintah kabupaten Polman.

Penyerahan bantuan ini di lokasi tempat pemecahan batu di Lingkungan sekka-sekka, kelurahan Batupanga, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, pada hari Kamis (13/5/2020) pekan lalu.

Penyerahan bantuan sosial ini  dihadiri oleh wakil Bupati Polewali Mandar, Natsir Rahmat, Kepala Dinas Sosial Yusuf Djalaluddin, Lurah Batupanga, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua LKS-LU Mandar Indonesia, Fredy, dan lembaga kesehatan yang terlibat dalam kegiatan ini.

Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Gau Mabaji Gowa, Syam Wuryani mengatakan, untuk di Sulbar sebanyak 425 orang lansia yang menerima dengan jumlah senilai 1,1 Miliar. Sementara untuk kabupaten Polman jumlahnya sebanyak 250 orang dengan jumlah Rp. 675.000.000.(Anto)

Related

POLMAN 9016259237842389073

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini