Asrama Haji Mamuju, Sulbar Akan Diresmikan Menteri Agama


MAMUJU, FMS - Asrama haji Mamuju, Sulawesi Barat yang terletak di jalan H. Mustafa Katjho Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat tinggal menunggu hari untuk  diresmikan. Hal itu dikatakan Kepala Kanwil Agama Wilayah (Kakanwil) Sulawesi Barat, Muflih B Fattah, Sabtu (19/9).

“Asrama haji  yang dibangun di Sulawesi Barat ini masuk dalam golongan asrama transit. Karena kondisi bandara di Sulbar masih belum memenuhi kapasitas untuk menjadi embarkasi haji seperti seperti halnya embarkasi haji Makassar. Namun 10 atau 15 tahun kedepannya apabila pesawat besar seperti boeing sudah masuk ke Bandara Tampa Padang Mamuju, baru dapat beralih dari Asrama Haji Transit bisa menjadi Asrama Haji Embarkasi seperti Makassar," Jelas Muflih.

Lanjut Muflih peresmian asrama haji Mamuju, Sulbar nantinya akan diresmikan langsung oleh Menteri Agama RI, JmFachrul Razi. Pembangunan asrama haji tersebut  kerja sama antara pemerintah provinsi Sulbar, Kementrerian Agama, dan Komisi VIII DPR RI.

“Keinginan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan asrama haji transit ini sudah ada sejak 2004, meskipun baru saat ini baru dapat direalisasikan, tentu hal ini tidak lepas dari peran Gubernur Sulbar dan anggota komisi VIII DPR RI, Andi Ruskati Ali Baal yang melakukan negosiasi sehingga pembangunan asrama haji transit ini dapat dilakukan,” ungkapnya. 

Masih Muflih asrama haji  ini dibangun tiga lantai, pada tahap awal pembangunannya akan di siapkan 42 kamar, juga nantinya akan difungsikan sebagai tempat sosialisasi, rapat, dan workshop.

“Terlihat disaat pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Sulbar 2020 kemarin, asrama haji transit ini sangat terasa manfaatnya ditempati kafilah MTQ dari berbagai kabupaten seperti Mamasa dan Mateng, sebanyak 36 kamar ditempati dan jumlah yang nginap 109 orang dengan difasilitasi AC,lift,TV, dan kamar mandi yang fasilitas air panas," jelasnya.

Muflih menegaskan sejak awal pekerjaan asrama haji Mamuju ia selalu menekankan kepada  kontraktor agar melakukan pekerjaannya tidak asal dikerjakan, namun memperhatikan dari segi mutu bangunan tersebut.

“Saya berharap para kontraktor yang bekerja melakukan pekerjaannya dengan benar. Kita kawal dan jaga kualitas mutunya. Sehingga bermaslahat untuk masyarakat Sulawesi Barat khususnya para calon tamu Allah,” Jelas HM. Muflih.

Sementara Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyebutkan bahwa selain pembangunan asrama haji Mamuju  juga akan dibangun fasilitas seperti Madrasah Insan Cendekia yang sedang dalam tahap pembebasan lahan. 

“Untuk pembangunannya, saya harapkan dapat benar benar diperhatikan dengan baik konsultan perencana, pengawas maupun pelaksana jangan sampai dicederai,” cetusnya.(Awal)

Related

MAMUJU 3485320762950353527

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini