Dishub Gelar Operasi Disiplin Lalulintas

Kadishub Sigit Dwihastono didampingi Sekretaris Hajay dan petugas lainnya sedang memeriksa kendaraan kelebihan muatan.

MATENG, FMS - Dalam rangka peningkatan disiplin dan pengendalian lalulintas angkutan jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Mamuju Tengah (Mateng) gelar operasi gabungan, Senin (23/11/2020).

Selain melibatkan Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Mateng, Dishub juga menggandeng penguji kelayakan kendaraan bermotor asal Mamuju Provinsi Sulbar. Kegiatan yang rencananya digelar selama enam hari sejak Senin hingga Sabtu (28/11).  Tim akan beroperasi dilima kecamatan.

Kepala Dishub Mateng, Sigit Dwihastono menegaskan, operasi yang digelar bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan bagi pengendara. Terlebih bagi kendaraan yang melebihi kapasitas angkutan yang tidak sesuai standar. 

Kadishub Mateng Sigit Dwihastono memberi arahan sebelum operasi gabungan dimulai.

Kolaborasi Dishub, tim penguji dan kepolisian akan menjalankan tugas masing-masing sesuai pelanggaran yang ditemukan.

Sigit menambahkan, meskipun saat ini masih tahap pembinanaan namun jika ditemukan pelanggaran berat maka akan ditindak sesuai prosedur yang ada, sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan raya.  

"Intinya kita mengajak selamat dalam berkendara, utamanya terhadap pengendara yang over dimensi dan over loding," jelas Sigit ditengah sambutannya, saat membuka kegiatan di poros trans sulawesi Kecamatan Topoyo. 

Dikonfirmasi tim penguji kelayakan, Andi Ali Fikri mengatakan, selain dokumen pihaknya juga memeriksa fisik utamanya bagi angkutan umum yang melintas. Hal itu untuk menjaga keselamatan penumpang dan pengendara itu sendiri. 

"Untuk saat ini kami memeriksa fisik kendaraan utamanya rem, lampu weser dan lampu stop dan segala macam kelengkapan kendaraan," jelas Andi Fikri

Hingga kegiatan hari pertama usai, tim gabungan menjaring 4 unit picup dan 3 truck angkutan yang didominasi pelanggaran tentang kepemilikan Keur satu diantaranya melebihi muatan. Juga ditemukan 6 pelanggar pengguna motor yang tidak memiliki SIM dan STNK.

Rangkaian kegiatan sekaligus menertibkan protokol kesehatan dan mengimbau pengendara yang melintas agar tetap menggunakan masker. (jml)

Related

MATENG 6773861509820757130

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini