BPOM Mamuju Sita Puluhan Prodak Ilegal


MAMUJU,FMS-Sepanjang tahun 2020 Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Mamuju, Sulawesi Barat berhasil menyita puluhan prodak ilegal yang  tidak memiliki izin edar.

Kepala BPOM di Mamuju, Netty Nurmuliawati, mengatakan bahwa prodak tersebut berhasil disita seperti obat tradisional, kosmetik, pangan dan obat ilegal yang dijual salah satu pedagang  di Majene.

"Tidak menutup kemungkinan masih ada di daerah lain khususnya di Sulbar produk tersebut bebas dipasarkan," kata Netty di hadapan wartawan saat komprensi pers akhir tahun, di hotel grand Maleo, Rabu (23/12).

Diantaranya prodak yang disita yakni Tawon Liar, montalin, ginseng kianpi pil, extra binahong. Glow Skincare, Lavina dan Loddzan.

Sementara untuk pangan Susu Milo, Apollo, F&N, serta obat Manjakani dan Seahorse Ghensen.

"Kita mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengkomsumsi atau menggunakan jika tidak memiliki izin edar. Mungkin dinegara tempat memproduksi sudah ada izin edarnya, tetapi saat diedarkan dinegara kita  tidak  melalui pre-market evaluation," terangnya. 

Ia juga mengaku terkendala melakukan pengawasan prodak yang dipasarkan melalui online. 

"Tidak gampang itu, karena ini hari kita dapat akunnya besok sudah hilang," ungkapnya.

Netty bilang sebanyak 4 kasus dan sudah sampai pada tahap P21 Tahap II. Pelaku melanggar pasal 196 Jo Pasal 98 UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan yaitu mendistribusikan sediaan farmasi tanpa izin edar atau mengandung bahan yang dilarang.

Netty juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan teliti saat membeli baik itu makanan dan minuman, obat, kosmetik, dan obat tradisional agar selalu teliti yang diperjual belikan dipasaran maupun secara online.

"Dengan cara Cek Klik yakni cek kemasan, cek label,cek izin edar dan cek kadaluarsa sebelum membeli," pungkasnya.(Awal).

Related

MAMUJU 1165932959448522270

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Pemilihan Serentak Kabupaten Majene