Rumah Sakit Khusus Covid-19 Akan Dibangun di Sulbar


MAMUJU,FMS-Upaya pemerintah untuk menangani dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Sulawesi Barat terus berjalan. Kali ini, upaya itu akan diwujudkan melalui pembangunan Rumah Sakit (RS) khusus Covid-19.

Sebagaimana halnya RS Covid yang telah berdiri di beberapa kota lain di Indonesia seperti di Bangka Belitung, Riau dan Manado.  RS ini juga akan dibangun dilahan seluas kurang lebih dua hektar. Dengan kapasitas 120 tempat tidur.   

"Kita bersyukur  rumah sakit khusus Covid yang ke-6 akan dibangun di Sulbar dan Pemerintah Pusat menginginkan rumah sakit itu segera rampung, selesai sebelum bulan ramadan," kata Sekertaris Provinsi Sulbar Muh Idris, Sabtu (27/2).         

Terkait lokasi pembangunan  akan dibahas lebih lanjut. Pasalnya, masih terdapat perbedaan pandangan antara pihak BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Menteri kesehatan.  BNPB memilih di Kecamatan Malunda, Majene sementara Menteri Kesehatan lebih mempertimbangkan rumah sakit covid sebaiknya dibangun tidak jauh dari rumah sakit umum.                                                                     

“Pemprov Sulbar  diharapkan dapat mencari waktu tepat dalam rangka membahas ini, mengikutkan unsur terkait yaitu Kementerian Kesehatan,  BNPB dan Kementerian PU serta Pemerintah Daerah Sulbar itu sendiri,” kata Idris.        

Untuk diketahui, pasca gempa  di Majene-Mamuju 14 dan 15 Januari 2021 lalu, jumlah jumlah positif Covid-19 mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Hingga Kamis 25 Februari 2021 sebanyak 5.197 orang dinyatakan positif. 3.588 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh, dan 1355 orang sementara dalam proses isolasi mandiri dan 101 orang meninggal dunia.                                                   

" Menteri Kesehatan ingin agar Sulbar juga memiliki rumah sakit khusus covid. Jika wabah Covid sudah berlalu rumah sakit itu bisa dialihkan menjadi pusat pelayanan kesehatan warga," pungkasnya.(Adv/Al)

Related

MAMUJU 3185152266350460796

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini