Bupati Mamuju Serahkan Santunan ke 87 Ahli Waris Korban Gempa


MAMUJU, FMS - Dinas Sosial Kabupaten Mamuju menyerahkan  dana bantuan sosial sebesar Rp 15 juta kepada korban jiwa kepada 87 ahli waris dari 95 korban gempa Mamuju.

Penyerahan secara simbolis dilaksanakan pada hari Senin, 1 Maret 2021 bertempat di tenda kerja Dinas Sosial Kabupaten Mamuju. Bantuan langsung tunai tersebut diserahkan kepada 6 orang perwakilan ahli waris oleh Bupati Mamuju, Ketua DPR Provinsi Sulawesi Barat, Dandim 1418, Kapolresta Mamuju, Kajari, serta perwakilan Bank Mandiri. 

Kepala Dinas Sosial yang dibacakan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Mamuju, Drs. Muzakkir, dipaparkan bahwa dasar pelaksanaan penyaluran bantuan tersebut adalah Peraturan Menteri Sosial Nomor 10 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Sosial Nomor 4 Tahun 2015 tentang bantuan langsung berupa uang tunai bagi korban bencana. 

Tujuan dari  bantuan langsung tunai tersebut yakni demi terlaksananya kegiatan pemberian bantuan stimulan pemulihan dan penguatan sosial yang tepat sasaran secara efektif dan efisien, terpenuhinya kebutuhan dasar korban bencana, juga demi terlaksananya rehabilitasi, rekonstruksi, dan relokasi bagi korban bencana yang akuntabel. 

Penyaluran bantuan tersebut dimulai sejak 24 Februari 2021, diawali dengan penyerahan secara simbolis oleh Anggota DPR RI Komisi VIII Bidang Agama dan Sosial, H. Arwan M. Aras, bersama Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam kepada penerima manfaat, bertempat di Bank Mandiri Cabang Mamuju. Nilai bantuan sosial santunan ahli waris korban bencana gempa sebanyak Rp. 15.000.000,- per korban jiwa, dengan total bantuan sebanyak Rp. 1.425.000.000.

Muzakkir juga melaporkan bahwa masih ada 2 korban jiwa yang belum teridentifikasi alamatnya. 

"Alamat yang tertera di laporan ada, tapi ketika kami kroscek ke lapangan, tetangga-tetangganya tidak ada yang kenal. Kami akan tindaklanjuti lebih jauh untuk mengetahui apakah korban hanya orang yang kebetulan singgah atau bagaimana," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi, dalam sambutannya mengungkapkan rasa prihatin dan belasungkawa kepada keluarga korban bencana gempa Majene dan Mamuju. 

"Tolong jangan dilihat nominalnya. Kami mengerti berapa pun uang tidak akan bisa mengembalikan nyawa," pintanya.

 Ia juga berharap bencana 15 Januari 2021 lalu bisa menjadi cermin bagi persiapan mitigasi bencana di masa mendatang.(Al)

Related

MAMUJU 5789217772344871949

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini