Bimtek Petani di Tapalang, Perlihatkan Sinergi Tiga Tingkatan Pemerintahan


MAMUJU,FMS-Bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani dan penyuluh yang digelar di Kecamatan Tapalang, Kabupaten mamuju, Sabtu, (17/4/2021). Kegiatan tersebut tujuannya sebagai upaya membangun daerah Kabupaten Mamuju utamanya dalam sektor pertanian. 

Sekretaris Kecamatan Tapalang, Syawal Muttalib, kegiatan bimbingan teknis yang di inisiasi oleh anggota DPR RI komisi IV Suhardi Duka, dibuka oleh Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi, serta di hadiri oleh ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat, Sitti Suraidah Suhardi, yang memperlihatkan sinergi tiga tingkatan pemerintahan, dari kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat melalui DPR RI belum pernah dirasakan selama ini. 

"Kita berharap adanya intervensi berjenjang melalui peningkatan kapasitas petani dan penyuluh yang juga didukung penuh oleh BPTP Provinsi Sulbar, serta Polbangtan Goa, akan mampu membawa perubahan sehingga petani bisa lebih sejahtera," ujarnya.

Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi mengatakan, sinergi antar semua tingkatan pemerintahan sangat dibutuhkan dalam optimalisasi percepatan pembangunan, olehnya ia berjanji akan terus membangun harmonisasi tersebut demi upaya percepatan kemajuan daerah. 

Terkait teknis kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas petani dan penyuluh, ia mengakui kegiatan serupa sangat dibutuhkan oleh para petani sehingga mereka akan lebih profesional dan berdayasaing sehingga menjadi petani Keren. 

Dalam kesempatannya, anggota DPR RI, Suhardi Duka, mengurai persoalan petani sehingga masih tertinggal dari profesi lain, menurutnya masih banyak petani yang pola fikirnya belum maju, sehingga belum berdaya saing. Olehnya ia menekankan terdapat dua jalur yang dapat ditempuh untuk memperbaiki hal itu, yakni melalui jalur pendidikan formal dengan menyekolahkan anak dengan baik sebagai generasi pelanjut, serta melalui jalur non formal seperti melalui bimbingan teknis yang dilakukan di Kecamatan Tapalang. 

"Apakah petani bisa kaya?,"  tanya legislator yang akrab dengan sapaan SDK kepada petani yang mengikuti bimtek tersebut. 

"Ya,petani bisa kaya, asalkan ia pintar," tandasnya memberi motivasi untuk para petani. 

Bimtek yang diikuti sekira 120 orang petani se-Kecamatan Tapalang tersebut, turut menghadirkan Kepala BPTP Provinsi Sulbar, Nurdiah Husnah, serta Direktur Polbangtan Goa, Dr. Ir. Syaifuddin, MP, selaku pemateri yang akan memberikan pembekalan kepada para petani.(Adv/Al)

Related

MAMUJU 2494845471423267831

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini