Bupati Mamuju, Dana Stimulan Rumah Rusak Akibat Gempa Segera Kucur


MAMUJU,FMS–Bupati Mamuju Sutinah Suhardi menyerahkan secara simbolis dana tunggu hunian (DTH) kepada warga yang rumahnya rusak akibat gempa bumi yang melanda Mamuju pada 15 Januari lalu.

Bupati Mamuju Sutinah Suhardi, mengatakan, dipastikan dana tersebut telah masuk kerekening penerima, dengan besaran Rp. 500 ribu perbulan, dan disalurkan tiga bulan, sehingga masing-masing menerima Rp. 1,5 juta, segera kucur paling lambat sepuluh hari terhitung sejak dilakukannya penyerahan simbolis hari ini. 

Lanjut dikatakan penyaluran dana stimulan rumah rusak akan disalurkan melalui tiga bank dan dibagi berdasarkan kategori kerusakan. Bank BRI kategori rumah rusak berat, Bank BNI rumah rusak sedang, sedangkan Bank Sulselbar kategori rumah rusak ringan.

"Semua harus bersabar, karena ini tentu berproses, saya berharap, dana yang masuk nantinya benar – benar digunakan dengan baik, mungkin nilainya tidak bisa memenuhi semua kebutuhan bapak/ibu, tapi inilah kesungguhan pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten untuk membantu masyarakat kita," kata Sutinah, Rabu (1/8/2021). 

Ia juga berpesan, jangan sampai dana yang diberikan ini digunakan untuk keperluan lain, olehnya akan dilakukan pendampingan agar pengelolaanya tetap sesuai rencana anggaran biaya (RAB) yang dijalankan, karena dana ini dikelolah langsung oleh masyarakat tentu akan diarahkan sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan, Bebernya. 

Sementara pelaksana tugas (Plt). Kepala BPBD Kabupaten Mamuju, Muh. Taslim Sukirno, menyampaikan bahwa DTH yang di berikan sudah masuk ke rekening penerima, sementara untuk awal proses pencairan bantuan stimulan rumah rusak, pihak bank penyalur akan turun kekecamatan, sehingga masyarakat tidak perlu jauh – jauh datang ke kota, sementara pelayanan pada bank dalam kota Mamuju juga akan disiapkan loket pelayanan khusus untuk penerima buku rekening dana stimulan sehingga prosesnya bisa lebih mudah. 

Lebih lanjut, Taslim menjelaskan, dalam prosesnya masyarakat tetap akan didampingi oleh tim yang akan turun bersama melihat kesesuaian RAB.dan khusus bantuan kategori rumah rusak berat akan melalui dua tahap, yang pertama dicairkan Rp. 25 juta, dalam prosesnya penerima bantuan akan diarahkan mengambil material di toko yang telah disepakati senilai itu, setelah itu akan di bobot oleh tim teknis, jika telah mencapai 50 persen bobotnya, maka dicairkan lagi tahap kedua senilai Rp. 25 juta.(Awal).

Related

MAMUJU 971860446604797827

Post a Comment

  1. Kamu lagi nyari ide usaha rumahan? Ingin buka usaha rumahan? tepat sekali kamu membaca artikel ini. Karena kami akan berbagi ide usaha rumahan terbaik untuk kamu yang pengen mulai bisnis. Yuk simak selengkapnya di artikel 20 ide usaha rumahan

    ReplyDelete

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini