Kades Ralleanak Terpilih Pimpin Apdesi Mamasa


MAMASA, FMS--Setelah sempat tertunda, Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Mamasa akhirnya laksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) II, Senin 1 November 2021.

Tema yang diangkat pada Muscab kali ini adalah "Bersama Apdesi, Mari Kita Bangun Indonesia Dari Desa, Membangun Kabupaten Mamasa Dari Desa".

Sebanyak 140 kepala desa (Kades) dan perwakilan pemerintah desa dari total 168 desa hadir sebagai peserta yang memiliki hak suara.

Setelah melalui usulan peserta yang hadir, ada tiga bakal calon ketua yang diusulkan yakni, incumbent, Abdul Rahman Tona (Kades Ralleanak), Yusuf Rahmat (Kades Balla Satanetean), dan Yosker (Kades Lembanna Salulo).

Pimpinan sidang kemudian memintai kesediaan mereka, salah satu bakal calon, yaitu Yosker menyatakan mengundurkan diri.

Dari 140 pesrta, berdasarkan kertas suara hanya 128 peserta yang memberikan suara.

Berdasarkan perhitungan suara, Abdul Rahman Tona kembali terpilih menahkodai Apdesi Mamasa dengan perolehan suara 79 untuk periode 2021-2026. Sementara rivalnya, Yusuf Rahmat mendapat suara 49.

Usai terpilih, Abdul Rahman Tona yang diwawancara mengatakan hal pertama yang akan dilakukan adalah melengkapi kepengurusan. "Kita akan memilih pengurus yang mampu membantu ketua dalam menjalankan organisasi. Selain itu, pengadaan sekretariat juga akan menjadi prioritas," katanya.

Terkait pengelolaan anggaran di Apdesi, Ia menyampaikan akan dikelola secara transparan dengan tetap melibatkaan mitra kerja, utamanya para Kades.

Sementara itu, untuk meminimalisir Kades agar tidak terjerat kasus hukum, Ia menuturkan akan berupaya melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan.

"Kita akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat penegak hukum," tuturnya.

Dalam Muscab tersebut juga dipilih 17 orang perwakilan menjadi tim formatur yang akan membantu ketua terpilih menyusun struktur kepengurusan. (Kedi)

Related

MAMASA 2003506132854969918

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini