Warga Kalumpang Berjalan Kaki Tandu Jenazah 13 Kilometer


MAMUJU,FMS-Sekelompok warga Desa Kondo Bulo, Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju menandu jenazah dengan cara berjalan kaki sejauh 13 kilometer,  aksinya tersebut viral dimedia sosial. 

Diketahui jenazah perempuan tersebut bernama Tanisa (80 an), ia meninggal di Puskesmas Kalumpang pada Selasa pagi (9/8/2022) usai mendapat perawatan.

Fenny Tadius keluarga jenazah mengatakan, sebelumnya Tanisa dibawa ke Puskesmas Kalumpang pada Senin (8/8/2022) untuk mendapatkan perawatan akibat penyakit yang dideritanya. Namun pada Selasa pagi (9/8/2022) ia meninggal.

"Almarhum dibawa ke puskesmas karena sakit, dia meninggal Selasa pagi kemarin," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (10/8/2022).

Lanjut dikatakan Fenny, pihak puskesmas tak memberikan mobil ambulance yang stand by di puskesmas pada saat itu untuk mengantar jenazah Tanisa. Pasalnya mobil ambulance tersebut hanya untuk pasien yang sakit atau dirujuk ke rumah sakit di Mamuju.

"Jadi inisiatif keluarga akhirnya menandu jenazah ke kampung di Desa Kondo Bulo yang jaraknya 13 kilometer dari puskesmas," terangnya.

Bahkan ia juga mengeluhkan pelayanan di Puskesmas Kalumpang selama ini, utamanya bagi pasien rujukan ke rumah sakit.

"Mengenai rujukan di Puskesmas Kalumpang selama ini, masyarakat yang mau melakukan pengobatan lanjutan ke rumah sakit di Mamuju. Jika masih bisa jalan itu tidak dikasih rujukan, kecuali betul-betul gawat baru bisa dikasih rujukan. Terus rumah sakit juga tidak mau menerima pasien yang tidak ada rujukan dari Puskesmas, jadi diberlakukan umum," ujarnya.

Hingga kini belum ada tanggapan dari  kepala Puskesmas Kalumpang Evi, bahkan juga dari Kepala Dinas Kesehatan Mamuju dr Acong meski wartawan sudah menghubungi kontaknya dan mendatangi kantornya untuk mengkonfirmasi terkait aksi warga tersebut.(Al).

Related

MAMUJU 8727652435740343760

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini