ORARI dan Kwarcab Pramuka Mateng Antusias Sukseskan JotaJoti

Pengurus Kwarcab Pramuka Eka Ali Akbar, menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Ketua Orari Mateng Askary Anwar.
MATENG, FMS -  Jambore On the air, Jambore On the Internet (JotaJoti) diikuti peserta Pramuka dan ORARI di Mamuju Tengah (Mateng) berjalan sesuai rencana.

Kegiatan yang diselenggarakan di lapangan Benteng, Tobadak. Berlangsung selama tiga hari, sejak tanggal 14 hingga 16 oktober 2022.

Pembekalan tentang penggunaan frekuensi radio yang diikuti tiga puluh  peserta Pramuka dari Kwartir Ranting se Mateng telah usai dan ditutup secara resmi Ketua ORARI Mateng,  Dr H Askary Anwar. Minggu (16/10).

Dalam sambutannya, Askary mengatakan, suksesnya JotaJoti berkat kerjasama yang baik antar kedua organisi dan menjadi sebuah gambaran bahwa ORARI dan Pramuka ibarat saudara kandung yang tak terpisahkan.

Dikatakan pula, Jota joti adalah kegiatan yang sangat bagus. Kegiatan ini, merupakan agenda nasional dan menjadi salah satu bukti, jika hubungan antar Orari dan Pramuka, baik ditingkat pusat hingga ke daerah sangat luar biasa.

Foto bersama anggota pramuka dan pengurus Orari Mamuju Tengah. 
"Ibarat saudara kandung serta partner yang selalu bersama, namun tetap membuka ruang bagi organisasi lain  yang ingin bekerjasama membangun daerah," jelas Dr Askary, saat ini menjabat sekretaris daerah Mateng.

Ia menambahkan, kegiatan perdana di Mateng, juga melibatkan 150 operator dari 5 stasiun radio di Indonesia.

Sementara itu, dari tiga puluh peserta  Pramuka, sebagian besar telah dianggap mampu berkomunikasi menggunakan Frekuensi radio sesuai standar nasional.

Komunikasi melalui radio sangat penting, karena sebagian besar daerah Mateng belum sepenuhnya terjangkau jaringan internet.

Sebab itu, sebagai penanggung jawab ORARI Mateng, ia merasa senang karena Pramuka turut antusias berlatih tentang penggunaan radio. 

Sebelumnya, peserta Pramuka, Andi Dian, menyampaikan rasa syukur atas program JotaJoti yang diikutinya. 

Mewakili rekannya, ia mengatakan jika melalui jambore bersama ORARI kali ini, dapat menimbah ilmu yang sangat bermanfaat baginya.

Melalui JotaJoti, ia bersama rekannya bersyukur karena mendapat pelajaran tentang penggunaan frekuensi radio dan sekaligus berkomunikasi dengan peserta daerah lain yang sedang mengikuti kegiatan serupa di wilayah berbeda, 

Tentu saja dengan tata cara serta tehnik sesuai prosedur yang telah diajarkan oleh pemandu dari Orlok Mateng.

Andi Dian berharap, kegiatan serupa dapat berlangsung setiap saat demi  mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan bermanfaat terkait kegiatan kepramukaan. 

"Semoga kedepannya, kuota untuk program JotaJoti di Mamuju Tengah lebih banyak lagi agar kami mendapat ilmu yang lebih banyak," harap Andi Dian mewakili rekannya sebagai peserta.

Akhir kegiatan ditandai penyerahan sertifikat penghargaan dari Kwarcab  Pramuka kepada ketua ORARI Mateng. 

Selain Ketua Orari Lokal (Orlok) Mateng Dr H Askary Anwar, penutupan JotaJoti tahun 2022, juga dihadiri dewan Penasehat dan Pembina ORARI, H Andi Gapri, Sekretis Orlok Dr Ishak Yunus, Pengurus Kwarcab Pramuka Mateng,  sejumlah pengurus Orari lokal (Orlok) dan seluruh peserta JotaJoti.  (jml)

Related

MATENG 5162728421500516463

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini