Sempat Gangguan Jaringan Dan Mati Lampu, Seleksi PPK KPU Mamasa Lancar


Mamasa, FMS--Untuk mempersiapkan personil yang akan membantu pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamasa lakukan seleksi Panitia Pemilihan tingkat Kecamatan (PPK).

Secara garis besar, ada tiga rangkaian seleksi yang akan dilalui oleh para peserta. Rangakaian seleksi tersebut yakni seleksi administrasi, tes tertulis menggunakan Computer Assisted Test (CAT), dan tes wawancara.

Pada tes tertulis yang dilaksanakan di Ruang Laboratorium Komputer SMAN 1 Mamasa, sebanyak 488 peserta dari 17 kecamatan mengikuti proses itu, yang digelar selama dua hari, yakni pada tangal 6-7 Desember.

Tes CAT ini untuk menjaring 10 orang per kecamatan, yang akan mengikuti tes wawancara. Tes wawancara nantinya untuk menjaring lagi lima orang per kecamatan yang akan ditetapkan sebagai Komisioner PPK.

Meski sempat mengalami kendala teknis di hari pertama, dan mati lampu di hari kedua, tidak mengurungkan semangat peserta untuk mengkuti tes tertulis.

Ketua KPU Kabupaten Mamasa, Jony Rambulangi mengatakan pelaksanaan seleksi PPK saat ini berjalan dengan baik.

"Sempat terkendala persoalan jaringan di hari pertama, namun tetap dapat berjalan baik hingga saat ini," ucap Ketua KPU Mamasa Joni Rambulangi yang dikonfirmasi di lokasi pelaksanaan tes CAT, Rabu (7/12).

Ia menuturkan, tes tertulis kali ini berbeda dengan tes tertulis yang sebelumnya dilakukan secara manual. Kali ini tes tertulis menggunnakan sistem CAT, sehinggga peserta dapat langsung mellihat nilainya masing-masing pada komputer yang digunakan dan pada pengumuman yang ditempel sesaat setelah tes dilakukan.

"Hasil tes langsung online ke server KPU RI," tuturnya.

Untuk penentuan siapa yang akan lanjut ke tes wawancara, Ia menambahkan akan ditentukan berdasarkan peringat 10 nilai tertinggi di setiap kecamatan. 

"Jika ada nilai yang sama di posisi terakhir, itu kita ambil juga. Sehingga bisa saja ada lebih 10 orang yang akan lanjut tes wawancara," tambahnya.

Sementara, salah satu peserta dari Kecamatan Mamasa, Thabita Febriani mengaku dirinya mendaftar PPK saat ini merupakan pengalaman pertama baginya.

Meskipun Ia merasa grogi menghadapi tes tertulis PPK yang dilakukan dengan sistem CAT lantaran banyak pesrta yang telah berpengalaman, dirinya tetap yakin untuk lolos tes.

Ia telah mempersiapkan diri sejak mengetahui seleksi PPK akan dibuka. "Dan saya juga yakin, bisa lolos CAT kedepannya," ungkapnya.

Untuk tes wawacara, berdasarkan jadwal yang disampaikan KPU Mamasa, akan dilaksanakan pada tanggal 11-13 Desember mendatang. (klp)

Related

MAMASA 2346458599864110535

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini