Wamentan Bersama Gubernur Sulbar Gerak Cepat Tangani Virus Jembrana di Sulbar


MAMUJU -- Puluhan sapi terindikasi virus  Jembrana di Kecamatan Kalukku. Mendapatkan kabar tersebut, Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi bersama PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik bergerak cepat mendatangi lokasi tersebut, Rabu 1 Februari 2023. 

Tercatat selama 2023 sudah ditemukan 20 kasus Jembrana di Sulbar. 

"Ini musibah untuk kita semua,  harap bersabar," ujar Wamentan saat meninjau lokasi peternakan di Kalukku. 

Jelasnya, Kementan terus melakukan pengendalian virus Jembrana dengan melakukan kerjasama berbagai pihak. 

"Butuh kerjasama dari teman teman agar bisa dimitigasi untuk agar bisa langsung dicarikan jalan keluarnya," tutur Wamentan Harvick

Untuk kasus di Kalukku, Ia meminta dilakukan karantina sebagai bentuk pencegahan agar virus tersebut tidak menyebar ke desa lain.

"Sesuai peraturan karantina, memang sementara ini jangan sampai bergerak berpindah ke daerah lain.  Setelah pengobatan kita lihat dalam waktu dekat. dan kita akan monitoring terus secara intens," pungkasnya. 

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Mamuju, Agus Karyono mengatakan, akan bekerjasama dengan  dinas peternakan provinsi dan kabupaten melakukan isolasi. 

"Tidak diperkenankan diperjual-belikan dan dilakukan penyemprotan disinfektan, juga diberikan vaksinasi. Disuntik vitamin. Dan kita 

Lockdown agar tidak dikirim keluar pulau," ungkapnya. (Adv)

Related

MAMUJU 428349241889995314

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini