Fokus Penanganan Stunting di Sulbar, Akmal Malik Temui Kepala BKKBN


FOTO: IST DISKUSI. Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik dan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Hasto Wardoyo, di Jakarta, Selasa 28 Februari.


MAMUJU, FMS - Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik menemui Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, di Jakarta, Selasa 28 Februari.

Keduanya membahas percepatan penurunan Stunting atau masalah pertumbuhan anak di Sulbar dan berharap dapat melakukan penanganan secara efektif, memaksimalkan anggaran yang ada.

Upaya yang didorong adalah memastikan intervensi yang dilakukan tepat sasaran serta melakukan aksi nyata dalam penanganan keluarga sasaran. 

Pemprov melalui keterangan resmi memaparkan bahwa pemerintahan Sulbar dibawah kendali Pj Gubernur Akmal Malik, kini mendorong setiap pejabat eselon menjadi pengapu keluarga berisiko stunting.

"Saya telah meminta para eselon untuk menjadi pengampu Stunting," ucap Akmal. Kebijakan ini juga diutarakan ketika berdialog kepala BKKBN pusat di Jakarta.

Akmal tak lupa mendorong Data Desa Presisi (DDP) sebagai rujukan penanganan, sehingga intervensi lebih tepat sasaran. Dengan begitu, besaran dana yang dikucurkan pusat ke daerah tidak lebih banyak untuk pelatihan.  

"Saya kritisi itu DAK (Dana Alokasi Khusus) non Fisik. Biaya operasional pendamping kenapa pendamping dikasi uang, sementara orang didampingi tidak mendapat uang," beber Pj Gubernur Sulbar.

Akmal yang juga Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri menekankan bahwa konfergensi memang penting, tetapi kalau konfergensi tidak dimaknai dengan baik, itu akan menjadi masalah. (Adv)

Related

MAMUJU 4060789546376003863

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini