Cegah Banjir, Kapolres Polman Himbau Warga Tak Menutup Saluran Air

Tampak Kapolres Polman bersihkan selokan (Foto: Asrianto/fms)
POLEWALI, FOKUSMETROSULBAR.COM-- Memasuki musim hujan, Polres Polman menggelar kerja bakti membersihkan saluran air  di jalan Gunung Mambulilling, Kelurahan Wattang, Sabtu (21/10).

Puluhan aparat Polres Polman bersama Dinas Kebersihan berbaur dengan warga sekitar. Mereka membersihkan saluran air di sepanjang jalan Gunung Mambulilling, mulai dari depan Polsek Polewali hingga ke perempatan lampu merah. Langkah tersebut sebagai antisipasi untuk mencegah banjir yang akan terjadi mengingat sudah memasuki musim penghujan.

Namun yang menjadi kendala adalah, karena saluran air hampir sebagian besar ditutup permanen oleh warga, sehingga petugas kesulitan memebersihkan sampah yang ada di bawah saluran gorong-gorong.

Penyebab utama air tidak lancar mengalir karena saluran air telah mengalami pendangkalan akibat banyaknya endapan lumpur dan sampah plastik dibuang oleh warga.

"Alhamdulillah antusias warga sangat baik, mereka turut membantu. Bapak-bapak ikut membantu, ibunya menyiapkan konsumsi," kata Kapolres Polman AKBP Muhammad Rifai.

Rifai mengatakan kegiatan ini akan berkelanjutan ke wilayah lain. Jika saluran air tidak dibersihkan, akan menjadi sumber penyakit seperti malaria, demam berdarah, muntaber.

Kapolres Polman AKBP Muhammad Rifai juga mengimbau masyarakat agar fasilitas umum seperti selokan jangan ditutup mati. Ia berharap dinas terkait memberikan himbauan kepada warga sekitar agar membuka saluran air yang telah ditutup.

"Boleh ditutup, tapi sistem buka tutup, jika suatu waktu hendak dibersihkan bisa diangkat," harapnya. (ant/har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 1585551115679571426

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item