Anak-anak Hingga Orang Dewasa Adu Perahu Sandeq Miniatur

POLMAN, FMS - Lomba miniatur Perahu Sandeq yang digelar warga Desa Karama, Kecamatan Tinambung, Polewali Mandar disemangati warga. Mulai dari anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) hingga orang dewasa.

Peserta lomba tidak hanya diikuti  warga setempat namun, dari desa lain seperti Desa Tangnga-Tangnga bahkan dari Pambusuang.

Menarik disaksikan, apalagi miniatur perahu itu diadu di perairan dangkal belakang tanggul pemecah ombak laut Karama. Meski berjalan lurus dan Jarak yang ditempuh hanya puluhan meter.

Persyaratan mengikuti lomba hanya uang pendaftaran Rp5.000, tanpa batasan umur dan dibolehkan satu peserta mendaftarkan lebih dari satu perahu. Peserta akan bersaing untuk menjadi juara satu dari 260 kandidat lain.

Kegiatan seperti ini tidak baru sekali digelar kejuaraan, namun berulang kali dilakukan oleh panitia dikondisikan dengan banyaknya pendaftar. Apalagi pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa sembako dari hasil pendaftaran per satu kali lomba.

"Biasa hadiahnya gula, hanya saja tahun ini berlangsung lama karena banyak peminat," ujar Saipul dilokasi pantai, Minggu, (27/8).

Aslam seorang peserta, mengaku senang dengan kegiatan itu meski hadiah tidak seberapa namun terpenting melestarikan budaya masyarakat pesisir.

"Semoga, kelak lomba ini bisa ditingkatkan tidak hanya untuk mendapatkan hadiah namun demi melestarikan kebudayaan Mandar pesisir," harapnya. (Tfk)

Related

POLMAN 7614658527595253164

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini