Atasi Kendala Listrik, PLN Topoyo Kesetrum Rp110 Miliar

MATENG, FMS - Beberapa tahun terakhir, listrik PLN di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulbar, tak hentinya dikeluhkan pelanggan karena sering terjadi pemadaman. 

Namun derita itu akan segera berakhir. Bulan depan, PLN Pelayanan Topoyo akan mendatangkan Genset berkapasitas 4 Mega Watt (MW). Genset senilai Rp110 miliar itu akan ditempatkan di Topoyo untuk mengatasi permasalahan listrik di Mateng. "Fasilitasnya sudah siap, rencananya September akan dibangun," jelas Kepala Pelayanan PLN Topoyo, Sudarno, Selasa (30/8/2016).  

Pengadaan Genset berkapasitas 4 MW, kata Sudarno merupakan bentuk kepedulian Pemkab Mateng yang menyiapkan lahan hibah. Sebab tanpa dukungan lahan bantuan dari APBN itu tidak akan terealisasi. "Lahan tersebut sudah siap dan sedang tahap penyelesaian, kalau sudah beres pembangunan langsung berjalan," terang Sudarno.     

Ia menjelaskan, masalah yang terjadi selama ini disebabkan gardu listrik PLN belum ada di Mateng. Itu sebabnya, tegangan listrik sering naik turun dan terkadang menyebabkan listrik padam total. Pinjaman tegangan dari Mamuju kadang tidak mampu memenuhi kebutuhan, apalagi jaringan listrik ke Mateng cukup panjang. "Sebenarnya yang menormalkan tegangan listrik adalah gardu, sementara di daerah ini kan belum ada gardunya, makanya sering masalah," ujar Sudarno. 

Kendala yang dihadapi di PLN Topoyo, kata Sudarno sudah lama diketahui PLN pusat. Patut disukuri sebab tahun ini Mateng mendapatkan kucuran APBN Rp110 miliar untuk pengadaan Genset 4 MW. Bantuan tersebut akan mengatasi permasalahan listrik yang selama ini menjadi kendala. Genset akan digunakan hingga gardu listrik PLN Topoyo dibangun. (jamal/riz)

Related

MATENG 3367977693033812874

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini