Gerakan Literasi Ala Perpustakaan Keliling Kodim 1402 Polmas

POLMAN, FMS - Perpustakaan Keliling disebut sebagai alternatif bagi pelayanan pendidikan dan minat baca anak-anak yang selama ini tak punya semangat membaca. Kenyataan ini tampaknya disadari oleh pihak Kodim 1402/Polmas Sulawesi Barat. Selain karena rendahnya minat baca, harga buku yang relatif mahal membuat banyak keluarga tidak mampu membelinya.

Gerakan literasi pun kini bergelora dijajaran Kodim 1402/Polmas. Melalui cara kreatif dengan sepeda motor, pihak Kodim menciptakan perpustakaan keliling dengan  sepeda motor untuk melayani buku bagi anak-anak di masing-masing wilayah binaan Babinsa. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1402-05/Mamasa Sertu Patong, Untuk meningkatkan minat baca anak-anak diwilayah binaannya, ia mengoperasionalkan motor perpustakaan keliling di Kabupaten Mamasa.

Danramil 1402-05/Mamasa Kapten Inf Syarifuddin, mengatakan, bahwa kehadiran perpustakaan keliling ini bertujuan untuk menjangkau wilayah pedalaman yang tak punya akses buku. Selain itu, ia menerangkan, dengan adanya perpustakaan para siswa atau warga yang ingin membaca tidak kesulitan lagi memperoleh bahan bacaan.

Kepada wartawan, Sabtu (22/8), Danramil nemambahkan, dengan program ini, daerah terpencil yang tak memiliki perpustakaan berkesempatan mendapatkan bacaan lewat motor perpustakaan keliling Babinsa. Babinsa pun dalam mengoperasionalkan perpustakaan keliling tidak henti menyambangi taman bermain anak-anak sehingga dengan mudah mereka dapat membaca buku.

“Saya rasa dengan mengadakan program perpustakaan keliling saat ini, minat baca akan meningkat. Sebab, mereka tidak kesulitan lagi untuk memperoleh bahan bacaan, perpustakaan keliling sebagai alternatif untuk pemasyarakatan budaya baca,” terang Danramil 1402-05/Mamasa. (*/Ha)

Related

POLMAN 1897104871940387892

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini