Camat Tantang Polisi Tindak Pengendara Tanpa Helm

foto Ilustrasi: INT
MAJENE, FMS - Pemerintah Kecamatan Malunda meminta ketegasan Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Majene, terhadap pengendara motor yang enggan memakai helm. 

Camat Malunda Dr Ahmad menilai, di wilayah kerjanya kesadaran masyarakat pengendara motor memakai helm masih sangat rendah, terutama anak sekolah.

"Khusus di Kecamatan Malunda, banyak sekali pengendara tidak memakai helm, itu karena polisi kurang tegas," ungkap Ahmad, Selasa 6 September.

Pengendara tidak pakai helm lanjutnya, otomatis tidak menghormati Undang-Undang lalu lintas. Dengan begitu, ketegasan polisi perlu ditingkatkan.

"Dengan cara seperti itu pengendara akan semakin segan serta ada kesadaran untuk memakai helm. Begitu juga dengan anak-anak sekolah," tuturnya.

Ia menambahkan, penggunaan helm sangat penting untuk melindungi kepala jika terjadi benturan bahkan bisa mengkurangi resiko jika mendapat kecelakaan di jalan raya.

"Di Indonesia adalah negara yang sudah membuat aturan tentang kewajiban penggunaan helm saat mengendarai motor, tapi sayangnya, dengan adanya aturan ini sebagian masyarakat pengendara motor masih enggan menggunakan helm," tandasnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Majene AKP Abd Kadir mengaku, dalam waktu dekat akan melakukan penertiban pengendara motor, baik yang tidak memakai helm, tidak memasang kaca spion dan surat kelengkapan berkendaraan.

"Penertiban ini, tidak hanya dilakukan di wilayah Kecamatan Malunda, tetapi dilakukan disetiap wilayah kecamatan di Majene," aku Abd Kadir.

Selain itu kata Kadir, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke masyarakat serta disejumlah sekolah, tentang aturan memakai helm.

"Kita akan cari waktu yang tepat untuk kegiatan penertiban, karena masih banyak tugas di kantor yang perlu diselesaikan," kunci Abd Kadir.(HM)

Related

MAJENE 6988491116279603712

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini