Lukman Said Pimpin Upacara Hari Pahlawan Mamuju Utara


PASANGKAYU, FMS- Peringatan hari Pahlawan 10 Nopember 2016 kali ini dilaksanakan di lapangan upacara Merdeka Labuang kelurahan Pasangkayu Kecamatan Pasangkayu Kabupatn Mamuju Utara.

Selaku pembima upacara, Lukman Said. Dia menyampaikan pidato seragam dari Menterti Sosial, Khofifa Indra Parawansa.

Pada sambutan itu Lukman menyatakan pada 10 Nopember bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan sebagai momentum refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa yang menyalakan jiwa kepahlawanan untuk mengisi kemerdekaan.

Lanjutnya, peringatan hari pahlawanan ini didasari oleh peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya sebagai pertempuran terbesar antara pasukan Indonesia dan pasukan asing pasca diproklamirkan bangsa Indonesia dengan menelan korban jiwa yang sangat besar.

"Peringatan hari pahlawan kita kali ini harus mampu menggali apinya bukan abunya seperti ungkapan bung Karno semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang" ungkapnya

Masih sementara upacara berlangsung siswa-siswi tumbang satu per satu, sekitar 5 orang peserta didik salah satunya berasal dari SMA 1 Pasangkayu jatuh pingsan beruntung pada setiap upacara tim medis dibantu dengan PMI Kab. Matra berada di belakang mereka sehingga peserta upacara yang perasaanya tidak enak langsung dilarikan ke belakang barisan.

Pasca upacara seluruh pejabat dan unsur muspida bergerak ke makam pahlawan guna menabur bunga dan tak kalah menariknya peringatan hari pahlawan kali ini yakni menabur bunga di tengah laut. (IA/Ha)

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini