Berita Media Online Ini Bukan Fakta, Sejumlah Wartawan Sulbar Protes

Majene, fokusmetrosulbar.com-Fenomena berita bukan fakta alias hoax tampaknya kian mencederai profesi wartawan belakangan ini. Bukan hanya di pemberitaan skala nasional, tapi juga di lingkup lokal.

Seperti halnya yang dimuat salah satu portal online lokal di kabupaten Polewali Mandar Sulbar, Kamis (26/1), sebuah berita dengan judul 'Tim Media ABM-Enny Tak Perhatikan Wartawan Lokal di Polman' disebut bukan fakta alias hoax.

Informasi soal berita bukan fakta itu diperbincangkan di group media sosial Watshap milik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kota Mandar, Kamis malam (26/1). Mulanya, seorang jurnalis Sulbar, Irwan, mengirimkan foto tangkap layar smartphone atau screenshot berita 'Tim Media ABM-Enny Tak Perhatikan Wartawan Lokal di Polman' ke group watshap AJI Mandar. Foto screenshot itu langsung jadi perbincangan hangat di group.

Berita (yang disebut hoax) tersebut memuat informasi tentang 30 wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Polewali Mandar (FWPM) layangkan protes terhadap tim sukses salah satu pasangan calon Pilgub Sulbar. Disebutkan, bahwa protes itu akibat tim media calon gubernur tak peduli pada wartawan.


Usai Irwan dan menyusul Yusri (jurnalis asal Polman) mengirim foto screenshot ke group watshap AJI Kota Mandar, sejumlah anggota group yang merupakan pengurus AJI Mandar naik pitam. Komentar kecaman dan protes pun bermunculan.

"Sembarang sekali ini buat berita, baru foto kita semua dipajang disitu," kata Anto, salah seorang jurnalis AJI Mandar yang mengaku keberatan atas pemberitaan itu.

"Itu sudah foto lama, ndak benar itu, saya sangat keberatan atas berita itu," lanjut Anto.

Selain Anto, wartawan senior Sulbar Edy Junaedi turut layangkan pesan keberatan. Melalui pesan elektroniknya yang dikirim ke group watshap AJI Mandar, Edy membantah keabsahan berita di portal lokal polewaliterkini.net tersebut.

"Ketiga  30 wartawan yang dimaksud itu tidak pernah buat kesepakatan. Apa hubungannya wartawan dengan paslon. Itu berita hoax," kata Edy Junaedi, jurnalis Kompas.com.

Ketika berita ini dirilis, belum ada keterangan maupun klarifikasi dari pihak polewaliterkini.net, namun di situs www.polewaliterkini.net tidak ditemukan lagi berita dengan judul 'Tim Media ABM-Enny Tak Perhatikan Wartawan Lokal di Polman'. (har)

Related

MAJENE 4360679036024061532

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini