DPPKB Majene akan Tuntaskan Pembentukan Kampung KB Tahun ini

Majene, fokusmetrosulbar.com - Demi memaksimalkan upaya pemerintah yakni meminimalkan pertumbuhan penduduk guna meningkatkan taraf hidup masyarakat, berbagai program Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Majene, mulai digarap.

Salah satunya, Mensosialisasikan penundaan usia perkawinan dan pergaulan bebas melalui program Generasi Berencana (Genre). Hal itu menjadi penekanan khusus dari pemerintah pusat saat ini, BKKBN sebagai leading sektor.

Untuk mencapainya, pemerintah telah merekrut sejumlah kader di daerah  dalam menerapkan program tersebut.

Kepala Dinas (DPPKB) Majene, Mattalundru, mengungkapkan bahwa program Genre tidak hanya fokus pada masyarakat yang telah melakukan pernikahan usia dini, tetapi program tersebut juga menyentuh kalangan remaja yang belum menikah.

"Seperti anak-anak kita yang masih SMP, SMU atau sederajat. Ada beberapa dari mereka terpaksa melakukan pernikahan dini karena kecelakaan (pergaulan bebas, red)," ungkap Mattalundru, di kantornya (1/3).

Program lainnya kata dia, DPPKB Majene akan menuntaskan pembentukan kampung KB tiap kecamatan tahun ini. Diharapkan dengan pembentukan itu, upaya pemerintah dalam menekan pertumbuhan penduduk dapat maksimal.

"Insya Allah tahun ini akan dituntaskan, apalagi selama ini penyuluh dilapangan masih belum merata, ada yang banyak dan ada yang kurang. Jadi setelah dibentuk kita akan lihat hasilnya," ujarnya.

Melalui program-program pemerintah ini, diharapkan masyarakat yang selama ini mempersepsikan KB hanya sebatas alat kontrasepsi, dapat dipahami secara menyeluruh yakni pembangunan keluarga, sesuai dengan Undang-Undang nomor 52 tahun 2009, tentang program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). (tfk).

Related

MAJENE 1517734329619169647

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini