Pengamat Politik Unsulbar: Tanpa Rekonsiliasi, ABM-Enny akan "Tersandera"

ABM-Enny saat penetapan keduanya sebagai pemenang Pilgub Sulbar oleh KPU (Foto: Humas Pemprov Sulbar)
Majene, fokusmetrosulbar.com- Penetapan Ali Baal Masdar dan Enny Anggraeni Anwar sebagai Paslon pemenang telah menyudahi hiruk-pikuk Pilgub Sulbar 2017. Namun, bukan berarti langkah Paslon nomor urut tiga ini akan berjalan mulus. Pasalnya, mantan pesaingnya, Suhardi Duka dan Kalma Katta dan juga Salim S Mengga-Hasanuddin Mashud masih memiliki pengaruh politik yang kuat di Sulbar. Dimana diketahui, bahwa Suhardi Duka telah memiliki kongsi politik dengan bupati di empat kabupaten, yakni Mamuju, Majene, Mamasa dan Mamuju Tengah.

Pengamat politik dan pemerintahan Universitas Sulawesi Barat, Muhammad pun menilai, ABM-Enny akan "tersandera" bila tidak melakukan rekonsiliasi pasca Pilgub.

"Saya melihat bahwa rekonsialiasi sangat penting dilakukan Pak ABM dan Ibu Enny, jika tidak dilakukan, program-program beliau akan sulit berjalan," kata Muhammad, Jum'at (28/4).

Muhammad, M. Si (Foto: Dok FMS)
Muhammad juga mengatakan, selain berpengaruh di empat kabupaten, mantan rival ABM-Enny juga mendominasi parlemen daerah. "Kita tahu bahwa Demokrat dan Golkar kan dominan di DPRD Sulbar, karena itu tidak bisa kalau langkah rekonsialiasi tidak berjalan, karena program pemerintah kan DPRD yang bahas," terangnya.

Dihubungi via telpon seluler, Ketua Program Study Ilmu Politik FISIP Unsulbar ini berharap, agar Ali Baal Masdar dan Enny Anggraeni Anwar segera mengambil langkah rekonsialiasi positif dengan kubu dua pesaingnya di Pilkada 15 Februari 2017 lalu.

"Hanya saja bentuk rekonsialiasinya bukan yang transaksional, jangan politik dagang sapi," katanya.

Sebelumnya, Ali Baal Masdar dalam keterangan persnya belum lama ini, mengaku siap merangkul pihak yang kalah di Pilkada lalu.

Baca: Ketika SDK Legowo, Ini Surat Ucapan Selamat untuk ABM-Enny

Hal yang sama disampaikan Suhardi Duka, dia mengucapkan selamat kepada ABM-Enny dan mengaku tidak akan menghalang-halangi program kerja gubernur dan wakil gubernur terpilih ini.

Baca juga: ABM: Langkah Pertama, Saya akan Panggil Orang Sulbar yang Punya Keahlian. (har)

BERITA LAINNYA

MAJENE 5675231835553803501

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item