Peringati Hari Penyu, Sejumlah Komunitas Lepas Tukik di Pantai Mampie

Polewali Mandar, fokusmetrosulbar.com-- Dalam rangka memperingati Hari Penyu Se-Dunia yang akan jatuh pada hari Selasa (23/5) besok, Komunitas Sahabat Penyu Mampie melakukan kegiatan melepas tukik. Kegiatan ini turut dihadir Wakil Bupati Polman. M. Natsir Rahmat, Satpolair Polres Polman dan beberapa komunitas diantaranya, Kompadansa Mandar, Kospeta dan Altar. Pelepasan ini bertempat di pantai Mampie, Desa Galeso.  Sebanyak 57 tukik dilepas ke pantai.

"Kita sangat bersyukur ada komunitas yang peduli terhadap hewan langka ini, Pemda berharap agar hal seperti ini bisa terjaga dengan baik, sebelumnya kami juga pernah melepas penyu di Binuang bersama warga," kata Wakil Bupati Polman, Natsir Rahmat.

Muhammad Yusri, ketua Sahabat Penyu mengatakan bahwa kegiatan ini, selain memperingati hari penyu juga sekaligus mensosialisasikan pentingnya peran semua pihak untuk melestarikan hewan langka tersebut. Pria yang aktif dalam melestarikan penyu dan lingkungan ini mengaku, sengaja melepaskan tukik karena menurutnya tukik yang baru menetas tidak boleh tinggal, dan harus segera dilepas ke pantai. Bila tidak dilakukan maka tukik bisa mati.

"Sebenarnya hari penyu sedunia, baru diperingati besok, namun sengaja kami lepas, karena tukik tidak boleh tinggal. Begitu menetas, harus langsung dilepas," jelas Yusri.
Yusri berharap peran Dinas Kelautan sangat .diharapkan dalam mencegah maraknya jual beli telur penyu di pasar.

"Saat ini kan masih banyak warga yang perjual belikan telur penyu, peran dinas disini sangat kami harapkan. Karena sejauh ini belum ada upaya nyata yang kami lihat dalam hal pencegahan maupun sosialisasi ke masyarakat tentang hewan dilindungi ini," terangnya. (ant/har)

Related

POLMAN 4917293365921225200

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini