VIDEO: Potret Buram Pendidikan Sulawesi Barat

Polewali Mandar, fokusmetrosulbar.com-- Hari ini 2 Mei 2017, bangsa Indonesia kembali memperinagati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Pemerintah pun kini terus membangun infrastruktur pendidikan guna mewujudkan pendidikan berkualitas. Namun di tengah geliat pembangunan pendidikan itu, masih saja terdapat sekolah yang sungguh memprihatinkan.

Seperti sekolah yang bernaung di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia ini. Sekolah ini adalah milik Yayasan Fathul Amin Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Matakali nama unit satuan pendidikan tersebut, sayangnya kondisi gedung Madrasah yang berada di pusat kota Kabupaten Polewali Mandar ini sungguh miris.

Kepala MTs Matakali, Lahaiya mengatakan, sekolah yang dia pimpin ini terakhir menerima bantuan pada tahun 2011 lalu. "Jadi awalnya yayasan kami dikasih bantuan itu tahun 2011. Bantuan rehab berat, ketika itu saya minta untuk pembangunan gedung sehingga ada sekolah yang sekarang," terang Lahaiya, Selasa (2/5).

Meski kondisi sekolah sangat memprihatinkan dengan atap dari daun rumbia serta dinding yang bocor dari papan, namun saat ini MTs Matakali telah membina 168 siswa dan telah sukses menamatkan pelajar setiap tahun. Inilah potret pendidikan kia, bahwa di luar sana pun masih aka  banyak kita temui sekolah yang bernasib sama. (ant/har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 2145132452617039530

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item