Warga Polman Mulai Antusias Tukar Uang Pecahan Kecil di Bank Sulselbar

Polewali Mandar, fokusmetrosulbar.com-- Dua pekan menjelang hari raya Idul Fitri, aktivitas penukaran uang kecil di Bank Sulselbar mulai ramai. Terpantau di Kantor Cabang Bank Sulselbar Jalan H. A. Depu, Selasa (13/6) antrian orang terlihat di loket tempat penukaran uang.

Salah satu warga Ishak mengaku sengaja menukar uang pecahan baru sebagai persiapan untuk dibagikan sebagai sedekah pada hari lebaran nanti.

"Saya rutin pak menukar uang baru. Mau dibagi nanti kalau hari lebaran," katanya.

Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Polewali Andi Muliadi mengatakan, Bank Sulselbar telah membuka penukaran uang kecil dari tanggal 5  sampai dengan tanggal 23 Juni mendatang.

Diketahui, Bank Sulselbar hanya sebagai kas titipan dari pihak Bank Indonesia menyiapkan dana sebesar Rp.100 Milyar yang terdiri dari uang pecahan seribu hingga seratus ribu rupiah, termasuk juga uang logam.

Pihak Bank mengakui, setiap hari jumlah transaksi penukaran uang kecil di Bank Sulselbar mencapai angka sebesar Rp.250 Juta perhari. Oleh pihak Bank Sulselbar melayani semua masyarakat umum, bukan hanya nasabahnya. Untuk menghindari adanya praktek percaloan, Bank Sulselbar membatasi setiap orang hanya diperbolehkan menukar sebanyak satu ikat.

"Kami tidak membeda-bedakan, semuanya sama. Tetap hanya bisa menukar satu ikat satu orang," tutur Andi Muliadi, saat ditemui di kantornya Jalan H. A. Depu.

Sesuai data, perkembangan penukaran uang kecil ini semakin tahun semakin naik. Kebanyakan yang menukar adalah nasabah bank dan sisanya adalah masyarakat umum. "Nasabah 60 persen dan masyarakat umum 40 persen," katanya. (ant/har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 4184616289281725917

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item