Balegda DPRD Majene Nilai 2 Ranperda Perlu Disempurnakan

Majene, fokusmetrosulbar.com-DPRD Kabupaten Majene terus menggenjot pembahasan sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diajukan pihak eksekutif. Itu lantaran sebuah Ranperda harus memenuhi syarat hingga waktu yang telah ditetapkan.

Seperti Ranperda yang paling terakhir diajukan Prolegda yakni tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Majene tahun 2017. Ranperda tersebut mulai dibahas Badan Legislatif Daerah (Balegda) bersama perwakilan Prolegda siang tadi, Selasa (25/7/2017).

Dalam rapat tersebut, beberapa anggota Balegda menilai draf Ranperda yang diajukan masih memiliki kekurangan dan perlu penyempurnaan. Sebab, Ranperda mesti sinkron dengan Peraturan Mentri Dalam Negri (Permendagri) yang telah ditetapkan sebagai acuan.

"Itu masih perlu dikoreksi pak kabag, baik tulisan dan tata naskahnya. Sebaiknya nanti kalau dipresentasikan juga ada persandingan supaya ada acuan. Kalau bisa ada data matriksnya juga," pinta Abdul Wahab kepada perwakilan Prolegda.

Anggota Balegda lainnya Marsuki Nurdin juga turut mengungkapkan penilaiannya. Menurutnya, tim prolegda semestinya mempelajari secara intens lebih dulu tentang pasal-pasal peraturan yang membatasinya.

"Prolegda juga bisa konsultasi ke biro hukum di provinsi supaya bisa lebih memahami mekanismenya dalam menyusun draf," sebutnya.

Abdul Wahab menambahkan, agar Prolegda yang diwakili Kabag Hukum Pemkab Majene, membawa serta stafnya pada pembahasan selanjutnya. Sebab, dia menilai pembahasan akan lebih mudah dipresentasikan jika ada tim yang membantunya.

"Bukan kami tidak percaya pada kemampuan bapak, tapi ini akan lebih mudah dan kami sudah siapkan proyektor untuk mempresentasikannya," ucapnya.

Meski terdapat beberapa keluhan yang dipaparkan Kabag Hukum Pemkab Majene dalam merumuskan draf tersebut, dia mengungkapkan bahwa apa yang  dipaparkan Balegda sudah tepat. Dia selanjutnya akan melakukan perbaikan atas apa yang dipaparkan.

"Menurut kami rancangan yang diajukan sudah lengkap semua dan sudah mengarah kesana. Tapi kami akan perbaiki," ungkap Muhammad Yusuf.

Rapat yang berlangsung alot ditutup Abdul Wahab dengan kesimpulan, pada pembahasan selanjutnya draf yang diajukan telah mengalami penyesuaian dengan pasal-pasal yang menjadi acuan dan meminta Prolegda melengkapi sejumlah persyaratan yang diajukan Balegda. (tfk/har)

BERITA LAINNYA

MAJENE 5305131214705392540

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item