Mengapa Sungai Pasangkayu Harus Direvitalisasi? Baca ... !!!

Pertemuan Perdana PKM-1 bahas revitasisasi sungai Pasangkayu. (Foto: Indra Anwar/FMS)
Mamuju Utara, fokusmetrosulbar.com-- Untuk mengatasi genangan air yang marak terjadi di Kabupaten Mamuju Utara, langkah yang dianggap efektif adalah merevitalisasi sungai Pasangkayu. Hal itu diungkapkan Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Budiansah di Hotel Devonder Pasangkayu, Jumat (28/7). Budiansah mengatakan hal tersebut di acara Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM-1) dalam rangka revitalisasi sungai Pasangkayu.

Sementara itu, perwakilan PT. Vertikal Horizon Enginer, Hermawan yang menjadi konsultan pembangunan revitalisasi ini menyampaikan, masih menginventaris pemilik lahan yang ada di samping kanan dan kiri sungai.

"Karena ada yang kena sedikit dan ada yang kena banyak, kami juga harus tahu status tanah yang ada di samping kiri dan kanan itu, apakah pemilik masyarakat, pemerintah atau milik perusahaan kami belum ketahui", terang Hermawan.

Dia juga meminta kepada peserta untuk mencari data-datanya yang lengkap.

Lanjut Hermawan, pihaknya mengupayakan agar tidak terjadi lagi banjir di Kota Pasangkayu. Dikatakan, pihaknya telah memperhitungkan DAS sungai Pasangkayu ini bukan hanya di Sulawesi Barat tetapi juga di Sulawesi Tengah dengan luas hampir 1000 KM per segi.

"Di Sulawesi Barat sekitar 35 persen dan di Sulawesi Tengah 65 persen, cuma karena ini lintas provinsi jadi perlu koordiniasi,"  ujarnya.

Untungnya, tambah Hermawan, sungai Pasangkayu masih di bawah naungan Balai Besar Wil. III Sulawesi sehingga mudah dikoordinasikan.

Dirinya mengakui belum ada bentuk revitalisasi yang sama dengan sungai Pasangkayu, karena bukan hanya menginventaris lahan di samping kiri dan kanan tetapi juga mesti menjaga satwa yang ada di sungai tersebut.

"Kami juga akan studi banding, ada yang sama dengan ini di Kalimantan tetapi belum dibangun," ungkapnya.

Diketahui, pertemuan itu dihadiri para steakholder seperti kepala Desa Ako, Staf kelurahan Pasangkayu dan tokoh masyarakat yang ada di sekitar kota Pasangkayu. (ind/har)

Related

PASANGKAYU 7636454666274911773

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini