Maksimalkan Pelayanan, Disdukcapil Mateng Gerebek Desa

PEREKAMAN. Kepala Disdukcapil Mateng Hasan HW didampingi Kabid Pelayanan Maslan serta beberapa staf, melayani perkaman di Desa Pologaan Kecamatan Tobadak.(Jamal Tanniewa/ FMS)   
Mateng, fokusmetrosulbar.com -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulbar, gencar mengunjungi desa.

Strategi jemput bola itu bertujuan memudahkan pelayanan kependudukan warga pelosok. Khusunya bagi penyandang cacat dan lanjut usia (Lansia). Kepala Disdukcapil Mateng Hasanuddin HW berharap, pola semacam itu dapat mempercepat proses perekaman kependudukan. "Pelayanan ke desa ini kita maksimalkan demi memberikan kemudahan. Semoga kegiatan ini berjalan sesuai target," harapnya, Selasa (1/8).

Mantan Kadis Trantib Mateng itu aktif mendampingi stafnya ke desa. Ia harus memantau langsung proses pelayanan agar mengetahui pasti kendala di lapangan. Kata dia, pihaknya sempat menemui beberapa masalah. Tapi kendala itu masih mampu diatasi dan tidak sampai menghambat perekaman. "Kunjungan ke desa ini masih tetap kita lanjutkan," katanya.

Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Masland menyebut, lima desa sudah terlayani di tiga kecamatan. Desa Kire dan Barakkang di Kecamatan Budong-Budong. Desa Lamba-lamba Kecamatan Pangale dan Desa Polongaan Kecamatan Tobadak. Kegiatan sama masih akan dilanjutkan di desa lain. Desa sasaran berikutnya bergantung hasil koordinasi kepala desa.  

Kunjungan ke desa, menurut Masland disambut antusias warga. Sekalipun tujuan utama untuk melayani penderita cacat dan lansia, tapi tidak sedikit warga setempat memanfaatkan kesempatan itu. Mereka justru berlomba datang mengurus kependudukan setelah mengetahui kehadiran tim. "Jadi selain lansia atau penderita cacat, kami juga buka pelayanan secara umum," jelasnya.

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Akbar As'ad menyukai sistem jemput bola ke desa. Ia menilai kegiatan itu sangat positif. Lagi pula pimpinan kantor pro aktif ke desa mendampingi tim. Keikutsertaan pimpinan dalam rombongan menambah semangat tim. " Kami salut sama pimpinan pak," singkatnya. (jml/riz)

BERITA LAINNYA

MATENG 2827797099540401456

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item