Tim Asesor BAN-PT Melakukan Visitasi Prodi Teknik Arsitektur FT UMI

Pertemuan Visitasi FT. UMI Makassar (Foto: Humas UMI Makassar)
Makassar, fokusmetrosulbar.com--  Tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan visitasi dalam proses penilaian peningkatan kualitas mutu pada Program Studi (Prodi) Teknik Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Muslim Indonesia (UMI), Jalan Urip Sumohardjo Km 5 , Makassar, Sulawesi Selatan. Senin (14/8/2017).

Tim Asesor dari BAN PT tersebut adalah Prof DR Ing Ir Widjaja Marto Kusumo (ITB) dan DR Ing Ir Darhal Susanto (UI).

Tim Asesor BAN PT disambut di ruang senat FT UMI, dihadiri Wkil Rektor I UMI Prof DR H Syahnur Said SE MS, Dekan FT UMI DR Ir H Hanafi Ashad MT, Wakil Dekan (WD) I Ir Mardin MT, WD II Ir Muh Nawir MT, Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UMI DR Ir Anis Saleh MT, DR Syamsuddin Yani MT, KTU FT UMI Ir Ibrahi Azis MSi.

Pertemuan dilakukan di ruang dosen Prodi Teknik Arsitektur UMI, turut hadir Ketua Prodi Teknik Arsitektur DR Naidah Naing ST MSi, Sekretaris Prodi Teknik Arsitektur H Andas Budy ST MT, dan Tim Penyusun Borang Akreditasi Prodi Teknik Arsitektur

Dekan FT UMI DR Ir H Hanafi Ashad MT, mengungkapkan, masa berlaku akreditasi Prodi Teknik Arsitektur itu sampai bulan November 2017, tetapi prodi arsitektur ini ingin lebih cepat dibangding dengan program studi yang lain, jadi masih ada masa berlaku akreditasinya itu 3 bulan kedepan. "Saya melihat Prodi Arsitektur ini memang bisa menunjukkan perubahan positif untuk grade akreditasinya, selama ini Prodi Teknik Arsitektur akreditasinya B," katanya.

Dikatakan, selaku pimpinan fakultas dirinya optimis Prodi Teknik Arsitektur sangat dimungkinkan untuk mendapatkan nilai akreditasi A, baik ditinjau dari segi infrastruktur, suasana proses belajar mengajar maupun lulusan alumninya. "Komunikasi antara alumni dan almamater ini sangat terjalin dengan baik," tutur Dekan FT UMI.

Lebih jauh Hanafi mengungkapkan bahwa, Prodi Teknik Arsitektur ini, dari waktu ke waktu, masa studi mahasiswa semakin baik, artinya masa studi mahasiswa semakain pendek, dibanding dulu yang biasanya lulus 6 tahun, paling cepat 5 tahun, kalau sekarang rata-rata lulus 4,2 tahun dan cenderung semakin kesini itu semakin pendek. "Prodi Teknik  Arsitektur ini salah satu Prodi yang bisa menopang cita-cita UMI secara umum bahwa UMI akan menuju kepada World Class University," ucapnya.

Selain itu Sekertaris Prodi Arsitektur H Andas Budy ST MT mengatakan, masa akreditasi Prodi Teknik Arsitektur ini, dipercepat, mengingat ada beberapa hal menyangkut regulasi dari pada akreditasi yang harus dengan sistem online. "Kami juga mengejar penyesuaian kurikulum kedepannya, jadi kami lebih struggele kepada visi dan misi kami sesuai dengan petunjuk dari tim asesor bahwa kami harus lebih punya ciri khas yang lebih tajam dalam visi dan misi," katanya.

Andas, sapaan akrab Sekretaris Prodi Teknik Arsitektur berharap, sesuai dengan visi dan misi, pihaknya ingin Prodi Teknik Arsitektur ini kedepannya lebih baik lagi dan pada saat ini pihaknya lagi melaksanakan akreditasi dengan hadirnya tim asesor dari BAN PT. "Hampir setahun persiapan kami untuk menghadapi akreditasi kali ini, harapan kami adalah semoga ini bisa menjadi yang terbaik untuk mendukung institusi kami secara umum dan Prodi Teknik Arsitektur secara khusus," paparnya.

Dalam meningkatkan mutu pendidikan ada beberapa hal yang tentunya kami harus segera membuat perubahan kurikulum lagi. "Mudah-mudahan di bulan november juga kami akan lakukan rapat kerja dengan seluruh tim dosen dan kami akan melibatkan stakeholder dalam penyusunan kurikulum agar mutu dari pada lulusan kami kedepannya akan semakin baik dan sesuai kebutuhan pasar kerja,". kata Sekretaris Prodi Arsitektur FT UMI.

Andas menjelaskan, untuk bisa sampai kesitu, Prodi Arsitektur FT. UMI sudah menyaiapkan strategi, salah satunya adalah memperbaiki sistem yang ada di laboratorium dan sistem dalam proses belajar mengajar dan yang paling penting untuk meningkatkan mutu adalah bagai mana smua stakeholder Prodi Arsitektur FT. UMI bisa membaca pasar yang akan menggunakan lulusan yang ada diluar. "Oleh karena itu arah untuk meningkatkan mutu itu lebih kepada bagaimana kita menyiapkan sistem tadi dan sarana prasarana," ucapnya.

Andas menambahkan bahwa harapan kami, Prodi Teknik Arsitektur bisa tetap berkelanjutan, dimana semakin banyaknya jurusan arsitektur yang muncul di Makassar, dan kami juga harus mempersiapkan diri bahwa apapun hasil dari akreditasi yang kami lakukan sekarang, kami haru siap, dan tetap bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang terbaik." tutupnya. (hms-UMI/har)

Related

#NASIONAL 173913949458432844

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini