Foto: Pameran Hasil Bumi di Rantebulan Timur Kabupaten Mamasa


Sejumlah hasil bumi warga Rantebulan Timur dipamerkan (Foto: Kedi Liston Parangka/FMS)
Mamasa, fokusmetrosulbar.com--Pameran bertajuk Muka Bumi dan Potensi Desa se-Kecamatan Rantebulahan Timur (Rantim) degelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-72. Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Rantebulahan Timur, Jumat (11/8) hingga Minggu (14/8) hari ini.

Semua desa se-Rantim turut berpartisipasi membawa keunggulan dan hasil bumi masing-masing mulai dari hasil pertanian, perkebunan, perikanan, makanan hasil olahan rumah tangga, hingga hasil kreatifitas masyarakat memanfaatkan bahan limbah.


Menariknya, dari tiga hari pelaksanaan pameran, diberikan waktu khusus bagi siswa-siswi SD dan SMP se-Rantim. Nampak para siswa-siswi tersebut sangat antusias mengunjungi setiap stand pameran yang ada untuk mendapatkan informasi terkait bahan yang dipamerkan.

Seperti yang nampak disalah satu stand, milik Pemerintah Desa Bambangbuda, siswa-siswi dengan penuh semangat bertanya kepada penjaga stand mengenai hal-hal yang dipamerkan. "Kalau yang ini bagaimana cara membuatnya?? (Sambil menunjuk bunga yang dibuat dari botol minuman bekas)," tanya salah seorang siswi penuh antusias.


Sekretaris Desa Bambangbuda, Agustinus Djinna mengapresiasi kegiatan utamanya partisipasi anak sekolah dalam pameran yang dilaksanakan.

"Setidaknya dengan adanya kegiatan ini, para murid bisa mengetahui apa-apa saja potensi daerah khususnya yang ada di Kecamatan Rantim," katanya.

Ia berharap dengan kunjungan siswa sekolah tersebut dapat membuka wawasan dan menambah pengetahuan anak didik, yang menurutnya dapat dikembangkan juga di sekolah menjadi kerajinan tangan siswa. "Ada beberapa hasil kreatifits ibu-ibu PKK dan masyarakat, seperti aneka bunga dari bahan barang bekas, keripik yang bahan bakunya dari hasil petani seperti kripik pisang, kripuk ubi kayu, tela-tela dari keladi dan masih banyak lagi yang bisa jadi bahan keterampilan di sekolah", harapnya.


Ia menambahkan, khusus Desa Bambangbuda ada banyak hasil karya masyarakat dan hasil bumi yang disertakan dalam pameran tersebut yang semuanya dapat dijumpai di Bambangbuda. " Banyak sekali potensi di desa kami dan sangat membantu ekonomi masyarakat jika dikembangkan, diantranya kripik pisang, kripik keladi, kripik ubi kayu, bunga-bunga bahan daur ulang, buah tangan dari sisisa kayu macam asbak berbagai model, vas bunga, tempat toples dan lainnya. Selain itu ada juga buah pangi, pala, markisa, nenas, jeruk, kedondong, kayu manis, ikan mas dan masih banyak lagi," kata sekdes muda tersebut menjelaskan.

Ia menyambut baik agenda seperti ini dan juga berharap agenda serupa menjadi agenda rutin Pemerintah Kecamatan Rantim.

Dalam pameran tersebut, selain diikuti pemerintah desa, nampak juga stand penyuluh KB, UPTD pendidikan, BP3K pertanian, dan sejumlah stand lainnya. (klp/har)

Related

MAMASA 2615236025491325705

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini