Blanko KTP-EL Habis, Warga Diminta Gunakan Suket

Irfan Rusli Sadek (foto: Indra Anwar/fms)
Mamuju Utara, fokusmetrosukbar.com--Tingginya minat warga dalam mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kabupaten Mamuju Utara (Matra) membuat blanko KTP-Elektonik (KTP-El) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) habis. Sebelumnya, pemerintah pusat telah mengirim blanko KTP-El sebanyak 8.000 keping.

Kepala Disdukcapil Matra, Irfan Rusli Sadek mengungkapkan, blanko tersebut datang pada akhir bulan April lalu, dan awal Mei pihaknya baru mulai mencetaknya.

"Kami gunakan kurang lebih lima bulan, dimulai pada awal Mei sampai September ini. Nanti Oktober blanko KTP-El baru kembali didistribusikan kembali ke daerah-daerah," ungkap Irfan, Rabu (13/9)

Irfan menuturkan, sebelumnnya blanko KTP-El dicetak sekitar 120 sampai 160 keping perhari. Meski penurunan sempat terjadi saat bulan puasa ke angka 60-80 keping, setelah itu kembali membludak.

Namun demikian, Irfan mengungkapkan bahwa warga yang hendak mengurus KTP sebelum blanko KTP-El dikirim dari pusat, sementara ini dapat menggunakan Surat Keterangan (Suket) yang memiliki fungsi sama dengan KTP-El.

"Cuma sifatnya hanya enam bulan masa berlakunya. Tapi Suket ini juga bisa digunakan untuk pendaftaran CPNS karena data seseorang didalamnya sudah valid dan sudah siap cetak," tuturnya. (ind/tfk)

BERITA LAINNYA

PASANGKAYU 8980624689268600149

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item