Dinas Pertanian Matra Periksa Daging Hewan Kurban

Mamuju Utara, fokusmetrosulbar.com-- Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju Utara melakukan pemeriksaan hewan kurban. Kegiatan itu dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan yang akan dikurbankan.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Muslimin mengungkapkan dalam pemeriksaan hewan kurban tahun ini pihaknya membagi diri menjadi empat tim, masing-masing satu tim menangani tiga kecamatan. Yaknu, tim 1 menangani kecamatan Sarudu, Dapurang dan Doripoku, tim 2 Baras, Bulutaba dan Lariang, tim 3 Pasangkatu, Tikke, Pedongga,  tim 4 Bambalamotu,  Bambaira, dan Sarjo.

Dikatakan Muslimin, beberapa minggu sebelumnya pihaknya sudah menyurat ke para Camat di Kabupaten Mamuju Utara dan PBHI (Panitia Hari Besar Islam) untuk melakukan pendataan posisi hewan kurban dan menyampaikan kepada organisasi atau masyarakat yang mau melakukan pemotongan hewan kurban. Harapannya agar bisa melakukan pemeriksaan pada hewan tersebut.

"Dalam hal ini, kami lakukan dua metode pemeriksaan yaitu antemortem (sebelum di potong), agar mengetahui kondisi hewan tersebut sehat atau terdapat penyakit yang menular dan post mortem (sesudah di potong), agar mengetahui PH daging, tekstur dan kandungan air, sehingga masyarakat dapat mengonsumsi daging yang sehat," ungkapnya, Minggu (3/9).

Kepala seksi Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner), Nurwati menyatakan ada tiga tahap yang dilakukan dalam pemeriksaan, yakni pemerikasaan gigi untuk menentukan umur pada hewan ternak, pemeriksaan cacing hati dan pemeriksaan kadar air pada daging, untuk itu kami bekerjasama dengan dokter hewan. (ind/har)

Related

PASANGKAYU 300464642304030435

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini