Ombudsman Panggil Kepala Sekretariat Bawaslu Sulbar

Mamuju, fokusmetrosulbar.com - Ombudsman RI perwakilan Sulawesi Barat (Sulbar) mengundang Kepala Sekertariat Bawaslu Sulbar Idrus, dalam rangka koordinasi dan klarfikasi terkait laporan dugaan maladministrasi penetapan kepala sekretariat panitia pengawas pemilu (Panwaslu) di enam Kabupaten se-Sulbar, Senin (25/9).

Dalam penjelasannya yang tertuang dalam berita acara klarifikasi, Idrus membantah laporan tersebut. Secara tegas, ia mengatakan sampai hari ini pihaknya belum membentuk atau menetapkan kepala sekertariat panwaslu tingkat kabupaten, yang ada hanya koordinator sekertariat. Hal itu dilakukan beradasarkan Peraturan Sekretariat Jenderal Nomor 1 tahun 2017.


Dalam pengangkatan koordinator sekertariat, pihaknya menyurat ke bupati masing-masing daerah agar difasilitasi tenaga ASN di kabupaten setempat untuk diperbantukan pada sekretariat Panwalu.

Adapun tujuan pembentukan koordinator sekretariat  untuk mempersiapkan berbagai keperluan, seperti lokasi kantor dan staf yang akan mengisi ke-sektariatan.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar Lukman Umar menyarankan, agar sebaiknya pihak Kepala Sekretariat Bawaslu Sulbar melakukan verifikasi ulang terkait penentuan Koordiantor sekertariat Panwaslu tingkat kabupaten, termasuk penetapan kepala sekertariat.

“Kami mengapresiasi responsif Kepala Sekretariat Bawaslu Sulbar yang merespon dengan baik dan antusias dalam penyelesaian pengaduan di kantor kami. Saya kira, ini salah satu gambaran sikap yang harus dimiliki setiap pejabat publik,” ungkap Lukman, usai melakukan rapat evaluasi di kantornya.

Lukman melanjutka, pihak Ombudsman meminta proses penetapan koordinator sekertariat lebih profesional tanpa adanya unsur pelanggaran didalamnya. "Sebab, tidak bisa dipungkiri dalam proses penetapan koordinator ini, kami mengendus adanya unsur maladministrasi dan  kami berharap itu segera diperbaiki,” tutup Lukman. (hms)

Related

MAMUJU 3373610402786984402

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini