Tes CPNS Kemenkumham Sulbar, Banyak Tidak Cukup Tinggi Badan

Mamuju, fokusmetrosulbar.com--Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Wilayah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tahun ini akan memprioritaskan anak daerah. Demikian disampaikan Munir, Kasubag Humas Kemenkumham Sulbar, saat ditemui di ruangannya, Sabtu (16/9).

Munir memaparkan, sejak dimulainya tahap verifikasi, panitia memproses sekitar seribu berkas setiap harinya. Dan hingga hari ini, pendaftar yang mendatangi kantor Kemenkumham telah mencapai 6 ribu orang. Ia memprediksi jumlah itu masih akan bertambah.

"Mereka melakukan verifikasi berkas dan mengukur tinggi badan. Banyak peserta yang tidak lolos karena faktor tinggi badan dan kelengkapan berkas," ujarnya.

Berdasarkan data Kemenkumham Sulbar, sebanyak 144 orang akan diterima untuk lulusan SMA, 124 orang untuk lulusan Diploma III, serta lulusan Sarjana dan dokter sebanyak 20 orang.

Munir mengungkapkan, peserta yang telah dinyatakan lulus verifikasi berkas selanjutnya akan mengikuti ujian pada tanggal 25 September mendatang, di kantor Kumenkumham Sulbar.

Ia mengatakan, ada tiga kategori yang akan menjadi penilaian dalam ujian berikutnya. Diantaranya, tentang wawasan kebangsaan yang nilainya harus mencapai 75 persen, tes IQ atau kemampuan 80 persen, dan penilaian kepribadian peserta yang harus mendapat poin 143 persen.

Disinggung tentang kesiapan panitia saat penyelenggaraan ujian berbasis komputer, Munir mengaku bahwa telah ada pihak ketiga yang menyiapkan sarana penunjang seperti komputer dan meja.

"Kita berharap panitia nantinya menyiapkan 170 sampai 200 unit komputer," ujarnya.

Bagi peserta yang dinyatakan tidak lolos di Kemenkumham, ia mengimbau untuk tidak berkecil hati karena masih ada peluang terbuka untuk mendaftar di kementerian lain.

"Mungkin rejeki sudara bukan disini (Kemenkumham red), tetapi ditempat lain, maka itu saya berpesan jangan berputus asa dan teruslah berusaha," harapnya.

Pantauan fokusmetrosulbar.com, hingga petang tadi sejumlah pendaftar yang melakukan verifikasi berkas dan mengukur tinggi badan masih banyak yang mengantri. (awl/har)

Related

MAMUJU 5720153785449726941

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini